Monday, December 16, 2013

Cast A Harry Potter Spell


Saya nemu survey  di blog Flip That Page ini udah lama sebenarnya. Dan dari sejak itu udah pengen banget ikutan tapi gak sempat mulu (iyaaa...kesannya emang sok sibuk banget kalimat barusan). So...saya mengerjakan survey ini di sela-sela waktu. Jawabannya mungkin ngaco, mungkin kurang akurat. Tapi seenggaknya begitulah pikiran saya saat itu.

Buat saya, survey ini unik dan kreatif sekali. Yuk...ikutan juga. Tapi sebelumnya, inilah jawaban saya :

Reparo
fixes damaged objects

A book that needs some serious fixing. Breaking Dawn oleh Stephanie Meyer
Errgghh...just errgghh...Percayalah, saya bukan twihaters seperti yang sering dikira orang. Tapi saya juga bukan twilover seperti yang dipercaya banyak orang lainnya :)). Saya hanyalah seseorang yang mengakui bahwa Twilight series punya premis yang bagus dengan eksekusi yang parah!
Ide Meyer bikin cerita tentang vampir vegetarian yang jatuh cinta dengan manusia biasa itu keren sebenarnya. Ditambah dengan kepiawaian Meyer mengolah diksi, membuat Twilight punya semua bahan yang dibutuhkan untuk jadi buku keren. Tapi kenapa...oh...kenapa vampir itu mesti dibikin bling-bling? Kenapa jugaa..kegalauan Bella harus dibahas dalam 4 buku padahal 1-2 buku aja cukup? Dan terutama : KENAPA BREAKING DAWN KACRUT BEGITU? Kenapa....kenapa....kenapa????

Lumos
creates a narrow beam of light

A book that deserves more attention. Rate My Love oleh Cassandra & eLa
Buku ini sangat "sepi" di kalangan bookish Indonesia, bahkan di antara para avid reader-nya Gagas sekali pun. Di Goodreads juga sedikit banget yang me-rating. Kenapa ya? Padahal buat saya, novel ini absurd banget lho. Saking absurdnya ampe jadi kocak dan gak bosenin untuk dibaca ulang. Oh...kalo boleh masukkin satu judul lagi, itu adalah : Love For Show-nya Andy Eriawan

Nox
counters the effects of Lumos

An overhyped book. Mahogany Hills oleh Tia Widiana.
Fansnya banyak, rating goodreadsnya juga tinggi. Walau pun ide cerita standar, tapi penulisannya rapi banget. Sayang aja plotnya kurang kena di saya.

 Accio
summons an object from a significant distance

A book you’re anticipating. Eleanor & Park jilid 2!!!  Eh...gak ada ya? X)
Harry Potter 8 gimana? Hapah...gak ada juga? Eng...Seraphina 2 deh. Ini sebenarnya jawaban mentok sih.

Alohomora
opens unlocked doors, unless bewitched

A book you want to be more open about. Buku motivasi termasuk buku-buku sup ayam itu.
Sebenarnya saya pengen banget bisa suka sama buku motivasi. Semoga juga buku-buku itu bisa memotivasi saya untuk menjadi lebih baik. Sayangnya, sejauh ini harapan itu belum terwujud.

Expecto Patronum
conjures an incarnation of positive feelings

A book that made you happy or crying but in a good kind of cry. Aduh bingung. Banyak sebenarnya. Tapi ehm...PS I Love You dari Cecilia Ahern. Alasannya personal, tapi sewaktu membacanya, saya ngerasa bisa nyambung ke buku tersebut. Rasanya "lega" abis baca.

Morsmordre
conjures the Dark Mark

A book you wish to mark as one of your favorites. Banyak sih sebenarnya. Tapi untuk saat ini, saya pilih Amy and Roger's Epic Detour oleh Morgan Matson.
Saya selalu pengen ngelakuin roadtrip bersama teman dekat saya seperti Amy dan Roger di buku ini. Ah...cita-cita yang belum kesampaian. #MenatapHampaKeKejauhan #LaluTerciumSemilirBauAmis
#MakanyaJanganBerkontemplasiDiPasarIkanWi #Aeh #HestekAbuser

Petrificus Totalus
petrifies victim

A book you wish to keep forever. Chronicles of Narnia : The Lion, The Witch and The Magical Wardrobe by CS Lewis
Dari dulu, sekarang, dan mungkin selamanya, saya selalu kepengen seperti Pevensie bersaudara yang bisa menemukan dunia ajaib di belakang sebuah lemari. Makanya saya selalu sayang sama buku ini. Karena para Pevensie itu seperti perwujudan mimpi saya :")

Protego
shield charm

An intimidating book you keep putting off. The Book Thief oleh Markus Zusak.
Iya..saya tahu kalo saya melewatkan satu buku yang bagus buanget dengan menunda membaca buku ini. Tapi...buku ini dipuja oleh semua bookish yang saya tahu. Sejauh ini, saya belum ketemu bookish yang bilang buku ini jelek. Dan saya jadi takut kalo nantinya buku ini gak bisa memenuhi ekspektasi saya (._.)

Riddikulus
used against a boggart

A book with a deceiving synopsis. Semua buku-buku terbitan GagasMedia sebenarnya. Tapi karena harus menunjuk satu, maka saya pilih : Infinitely Yours dari Orizuka.
Buku itu punya blurb yang berkesan oh-sungguh-galau, ternyata isinya mah boro-boro bikin galau. Yang ada malah bikin bete.

Lacarnum Inflamarae
shoots fireballs

A book you wish to burn out of your mind completely. Sepotong Kata Maaf oleh Yunisa KD
Saya. Gak. Sanggup. Selesaiin. Baca. Terlalu banyak keabsurdan yang gak penting di buku itu (eh emang ada absurd yang penting? Entahlah).

Wingardium Leviosa
levitates objects

A book you wish to reread. Pride and Prejudice oleh Jane Austen.
Pengeeenn banget bisa re-read buku ini dan jatuh cinta lagi sama Mr. Darcy. Sayangnya mood saya belum ngumpul untuk baca ulang buku ini.
Oh satu lagi, pengen bisa reread Les Miserables-nya Victor Hugo. Entahlah kapan keinginan ini bakal terwujud.

Avada Kedavra
causes instant death

Worst book EVER. Heart oleh Ninit Yunita
Terlalu banyak kekacrutan di buku itu ampe saya gagal nemu sisi positifnya biar cuma 1. Memory & Destiny aja masih lebih mending kalo dibandingkan sama Heart.


Stupefy
puts victim in unconscious state

A book with a chapter you couldn’t seem to get over. Harry Potter & Deathly Hallow oleh JK Rowling.
Bab 33 tentu saja. Do I need to say more?

Confundo
causes befuddlement or forgetfulness

A book that generally confused you. Palo Alto oleh James Franco.
Gak jelas banget ini buku arahnya kenapa dan dari mana. Yah...bacanya juga karena penasaran dengan kehebohannya sih, akhirnya malah nyesal sendiri. Oh well...harga sebuah kepo (._.). But anyway James Franco, dikau ganteng dan berbakat di dunia film. But for the sake of all that's holy, please...stick in that world. You're not fit in this world. Or at least, not yet.

Crucio
inflicts unbearable pain

A book that was a pain to read. Nothing Left To Lose oleh Kirsty Moseley.
It was just a big sigh. Dan yang paling nyakitin adalah karena sebenarnya saya pengen banget bisa suka sama buku ini. I hate to say that I don't like this book.

Episkey
heals relatively minor injuries

A feel good book that you enjoyed. Eleanor & Park oleh Rainbow Rowell.
Jatuh cinta sama karakter Park dan Eleanor serta gaya penulisan Rowell yang lembut.

Expelliarmus
temporarily disarms an opponent

A book with a swoon-worthy character. Aduuh...gak boleh jawab Park lagi ya? Pride & Prejudice juga gak boleh? Ehm...kalo gitu The Hunger Games oleh Suzanne Collins.
Peeta! Dengan beta male seperti Peeta, saya gak butuh alpha male setengil Christian Grey *jauh amat bandinginya, wi*

Impedimenta
impedes target’s progress

A book that kept you up all night reading. Aduh...apa ya? o_O7 Sepertinya sudah lama saya gak ketemu buku yang bikin saya begadang. Terakhir yang saya ingat malah fanfiction yang berjudul Our Yellow House #nahlho. Ehm...yang teringat sekarang sih Wonder-nya RJ Palacio.

Silencio
immediate silencing

A book that left you speechless after you read it. The Boy In A Stripped Pyjamas oleh John Boyne.
KENAPA??? Kenapa harus begitu endingnyaaaa? Saya sukses bengong dan terpana setelah menutup buku ini.

Legilimens
allows you to delve into someone’s mind

A book with developed characters. To Kill A Mockingbird oleh Harper Lee.
Atticus Finch itu salah satu karakter terbaik yang pernah diciptakan di dunia fiksi. What a great character you built there, Ms. Lee.

Levicorpus
a spell that turns you upside down

A book that changed your mind about a character from its prequel. Ehm...yang ini kok susah ya? Pengen jawab THG, tapi sudah di atas. Okeh...pilihan saya jatuh ke...My Stupid Boss 4 oleh chaos@work. Dari yang awalnya sebel dan enek sama Boss, di buku ini ditunjukkan sisi lain beliau yang bikin saya ngerti kenapa penulis betah kerja sama beliau.

Obliviate
used to hide memories

A book with a story you can’t remember. Carrier Of The Mark oleh Leigh Fallon.
Ceritanya gak berkesan banget dah. Yang terkesan dari buku ini cuma keriaan antara penulis dan reviewernya aja.

Peskipiksi Pesternomi
useless spell

A boring book that had absolutely no effect on you. Sebenarnya banyak, tapi yang terlintas saat ini tuh Mencoba Sukses oleh Adhitya Mulya.
Level boringnya setaraf maicih level 35. Dahsyat...boringya. X)

Reducto
breaks through solid objects

A book that convinced you to reconsider a certain genre. Out of My Mind oleh Shanon M Draper.
Sebenarnya saya lebih dulu membaca Wonder, tapi Out of My Mind ini yang bikin saya jadi demen banget sama genre sick lit.

Rictusempra
tickling spell

A book that made you laugh. Saya bukan tipe orang yang suka baca buku lucu sih, tapi Buku Ajar Koas Racun oleh Andreas Kurniawan sukses bikin saya senyum-senyum senang.

Sectusempra
offensive spell that violently wounds the target

A book that may have scarred you for life. The Claiming of Sleeping Beauty oleh A.N. Roquelaure.
Saya baca buku ini karena ditantang seseorang (melirik ke seseorang tersebut) dan sukses dibikin eneg. Fifty Shades Of Grey sih cemeeen dibanding ini. Bahkan buku Nicholas si kambing "dua" pun level jijaynya masih kalah sama buku ini. Hih...masih merinding kalo ingat.

Tarantallegra
makes you dance uncontrollably

A series finale that made you feel giddy. Aduh...again...jawaban sebenarnya udah ada di atas. Well...Chronicles of Ancient Darkness : Ghost Hunter oleh Michelle Paver. Dulu nggak sabar banget nungguin buku ini terbit. Penasaran level dewa sama endingnya.

Bombarda Maxima
causes an explosion that breaks through obstacles

A book that made you explode with the feels. Harusnya Boy In Stripped Pyjamas masuk sini ya. Tapi karena gak bisa, maka saya pilih Second Chance Summer dari Morgan Matson. Ah...saya kangen Ayah sehabis membaca buku itu.
Oh...sama Room-nya Emma Donoghue (pokoknya buku ini harus masuk survey). Room sukses bikin saya tegang, sesak napas, dan lega setelah kelar baca.

Finite Incantatem
nullifies other spells

A book you thought you’d dislike, but ended up loving. Harry Potter & Sorcerer Stone oleh JK Rowling.
Hahaha....ya maap. Soalnya pertama ketemu Harry Potter, saya belum tahu akan nama besarnya, jadi saya hanya menilai dari cover. Dan cover Harry Potter ini gak menarik sama sekali buat saya.

Yak...itulah jawaban saya. Seru dan kreatif kan kuisionernya.
Gimana dengan jawaban kamu? Ikutan yuk. Kasi tau jawaban kamu di komen. Ato lebih baik lagi, bikin post serupa di blog dan tinggalkan linknya di komen ya biar kita bisa saling berkunjung.




6 comments :

  1. Yang nantangin baca Sleeping Beauty siapa bu dokter? Aki kan? :D #siul

    Chapter 33 HP 7 yang D: "After all this time?" ; S : "Always" itu bukan? :o

    Aku pengen ikutan survey ini, tapi buku yang kubaca semua nyaris setipe tuh, hahaha XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama... selera bacaan kita yg ga bervariasi bikin susah bikin kayak ginian ya, Ren.

      Btw, saya jadi penasaran sama Rate My Love itu

      Delete
  2. kereeeeen......mau komen apa ya? hmmm...pingin ikutan tapi kok kayanya membutuhkan waktu lama haha...trus trus...kagum soalnya pasangan ninit-adit bisa dua2nya masuk survey ini (uhmmm meski untuk kategori yg kurang ok ya). :D

    ReplyDelete
  3. Aku suka banget survey dari blognya Jasmine yg jenis ini! Kreatif banget dia bikinnya :D Yg edisi Hunger Games juga keren

    ReplyDelete
  4. Ini kak link survey saya: http://feedmebook.blogspot.com/2013/12/cast-harry-potter-spell.html :)))

    ReplyDelete
  5. Jadi pengen ikutan survey... tapi belum pengen mikir... #plak
    Btw, aku senang kamu jadi suka sick lit gara2 out of my mind hohohho... ga salah aku maksa kamu baca waktu itu =)) *joget2*

    ReplyDelete