Friday, August 30, 2013

Friday's Recommendation #6


Yeay...Friday's Recommendation yang di-host oleh Ren @ Ren's Little Corner aktif lagi. Saya sempat ikutan meme ini, tapi berhenti karena...eng...tiap Jumat emang schedule saya cenderung padat. Gimana kalo meme-nya digeser ke kamis aja, Ren? #diinjek #sapelodehwi X))
Lalu karena sibuk, Ren juga meng-hiatus-kan meme-nya ini. Tapi sekarang udah aktif lagi dengan button yang lebih cute. Yeaayy

Anyhoo....ayo kita kembali merekomendasikan sebuah buku dengan harapan ada penerbit sini yang tertarik menerjemahkan. Yang saya rekomendasikan ini bukan baru sih, sudah femes banget sebenarnya. Dan buku tersebut adalah :

Anna and The French Kiss
Genre : Contemporary Romance
Sinopsis : 
Anna is looking forward to her senior year in Atlanta, where she has a great job, a loyal best friend, and a crush on the verge of becoming more. Which is why she is less than thrilled about being shipped off to boarding school in Paris--until she meets √Čtienne St. Clair. Smart, charming, beautiful, √Čtienne has it all...including a serious girlfriend.

But in the City of Light, wishes have a way of coming true. Will a year of romantic near-misses end with their long-awaited French kiss?
 Kenapa saya rekomendasikan? Ya karena ratingnya yang tinggi di Goodreads dan sepertinya tipe cerita kesukaan saya. Sudah lama sih ada gosip kalo buku ini mo diterbitkan salah satu penerbit lokal. Tapi sampe sekarang belum terwujud. PHP ato gimana ya?

Apapun itu, semoga segera terwujud ya.

Gimana dengan kamu? Ada yang mau direkomendasikan? Tertarik ikutan meme ini? Sila cek aturannya :

1. Tulis buku yang ingin kamu rekomendasikan. Kategori buku yang akan direkomendasikan bisa memilih dari kategori di bawah ini :
a. Buku yang ingin diterjemahkan di Indonesia 
b. Buku yang sudah terbit di Indonesia, dan ingin kamu rekomendasikan ke pembaca.
Jangan lupa menulis alasan kamu merekomendasikan buku itu ya
2. Jika kamu sudah pernah me-review buku yang ingin kamu rekomendasikan itu, taut balikkan ke link reviewmu ya
3. Pasang button Friday's Recommendation, jangan lupa di taut balikkan ke blog Ren's Little Corner
4. Masukkan link Friday's Recommendation ke linky yang telah disediakan.
5. Jangan lupa untuk blogwalking ke blog - blog lain :)
6. Waktu meme adalah bi-weekly. Diposting setiap hari Jum'at minggu ke-2 dan ke-4 tiap bulan

Monday, August 26, 2013

Buying Monday #2 : Temen Baru di Koper


Hehehe...gak seperti teman-teman bookworm lainnya yang menaruh bukunya di rak, saya sih taro buku di koper X). Makanya selalu minder kalo udah urusan pamer koleksi buku di rak. Saya gak punyaa :'(. Ada yang mo beliin saya rak? Silakan lho. Mo sumbangin koper baru juga gapapa.  (kenapa jadi pindah haluan bahasnya?)

Anyway...belanjaan selama bulan Agustus ini (syukurlah) berkurang jauh dibanding bulan kemarin. Dan inilah daftar teman baru di koper :

Ini buku hasil belanja di Bras Basah pas saya ke sana waktu Lebaran kemarin :



1. Mrs. Frisby and The Rats of Nimh by Robert C O.Brien : Tertarik sama buku ini karena cap Newberry Winner-nya (saya bukan avid collector Newberry sih, tapi kalo kebetulan nemu biasanya langsung saya tangkap). Dan karena harganya 3SGD. Belakangan baru tahu kalo ini series. Kudu ngumpulin serinya nih :))
2. C.S. Lewis - Till We Have Faces : Lewis beranggapan buku ini adalah karya terbaiknya, ironisnya buku ini kalah beken dibanding buku-buku Lewis yang lain. Mungkin karena buku ini sedikit berbau filosofis dengan diksi yang rada yaahh...gitu deh, rada klasik (walo gak seberat klasik macam Shakespeare Plays kok). Tapi saya sukaa banget sama buku ini. Dengan cerdas, Lewis menceritakan ulang kisah mitos Cupid & Psyche tapi dalam versi Lewis (which is twisted, unique, smart but absurd). Penggambaran setting dunia mitologi versi Lewis juga terasa believable (ini kenapa jadi mini review?). Saya pernah baca ebooknya dan seneng banget ketemu versi cetaknya dengan harga 2 SGD.

Friday, August 23, 2013

(Poem on Friday) Pablo Neruda - Sonnet XVII: Love


Pablo Neruda memang terkenal banget dengan puisi-puisi cintanya yang maut. Maut gombalnya maksudnya :)).
Yep...buat saya puisi-puisi Neruda yang ada dalam buku 100 Love Sonnets ini ada di perbatasan antara romantis dan gombal. Sonnet favorit saya dari buku ini adalah sonnet ke-17 yang (mungkin) salah satu sonnet paling terkenal Neruda.

Saya pertama baca puisi ini waktu dulu banget, dari kartu yang diberikan almarhum Papa ke Mama saya saat anniversary pernikahan mereka yang ke (wait...1993 dikurangi 1978 itu berapa?) 15. Ya, Papa menyalin puisi Neruda ini untuk Mama dengan tambahan kata "Untuk Istri dan Keluarga-ku Tercinta". Sampe sekarang, saya belum bisa memutuskan tindakan Papa itu masuk kategori romantis ato gombal. :))

Tapi larik-larik di puisi ini dan kartu pemberian Papa adalah memori yang terus tinggal sampai sekarang.
I don't love you as if you were the salt-rose, topaz
or arrow of carnations that propagate fire:
I love you as certain dark things are loved,
secretly, between the shadow and the soul.

I love you as the plant that doesn't bloom and carries
hidden within itself the light of those flowers,
and thanks to your love, darkly in my body 

lives the dense fragrance that rises from the earth.

I love you without knowing how, or when, or from where,
I love you simply, without problems or pride:

I love you in this way because I don't know any other way of loving
but this, in which there is no I or you,

so intimate that your hand upon my chest is my hand,
so intimate that when I fall asleep it is your eyes that close.

Thanks for introducing this poem, Pap.

Scene On Three (2)


Setiap hari ada senja, tapi tidak setiap senja adalah senja keemasan, dan setiap senja keemasan itu tidaklah selalu sama….
Aku selalu membayangkan ada sebuah Negeri Senja di mana langit selalu merah keemas-emasan dan setiap orang di negeri itu lalu lalang dalam siluet. Dalam bayanganku Negeri Senja itu tak pernah mengalami malam, tak pernah mengalami pagi dan tak pernah mengalami siang.
Senja adalah abadi di Negeri Senja, matahari selalu dalam keadaan merah membara dan siap terbenam tapi tak pernah terbenam, sehingga seluruh dinding gedung, tembok gang, dan kaca-kaca jendela berkilat selalu kemerah-merahan. 

Orang-orang bisa terus-menerus berada di pantai selama-lamanya, dan orang-orang bisa terus-menerus minum kopi sambil memandang langit semburat yang keemas-emasan. Kebahagiaan terus-menerus bertebaran di Negeri Senja seolah-olah tidak akan pernah berubah lagi….
(Seno Gumira Ajidarma - Jazz, Parfum dan Insiden)

Saya penyuka senja. Ada sesuatu yang manis dan melankolis dari senja saat menyadari bahwa satu hari lagi telah terlewati. Dan selalu ada asa untuk esok yang lebih baik tiap kali saya menikmati permainan cahaya merah keemasan di langit itu.

Dari semua kutipan/deskripsi tentang senja yang saya jumpai, khayalan Seno Gumira Ajidarma tentang negeri senja yang paling berkesan bagi saya. Dengan mudah, saya bisa membayangkan negeri dalam imajinasi Seno dan juga berharap semoga negeri seperti itu beneran ada, somewhere out there.


Setelah sempat alpa ikutan Scene On Three, Alhamdulillah kali ini saya bisa ikutan. Buat kamu yang tertarik membagi scene yang berkesan dari buku yang kamu baca, sila ikutan meme di blog Bacaan Bzee. Caranya :
  1. Tuliskan suatu adegan atau deskripsi pemandangan/manusia/situasi/kota dan sebagainya ke dalam suatu post.
  2. Jelaskan mengapa adegan atau deskripsi itu menarik, menurut versi kalian masing-masing.
  3. Jangan lupa cantumkan button Scene on Three di dalam post dengan link menuju blog Bacaan B.Zee.
  4. Masukkan link post kalian ke link tools yang ada di bawah post Bacaan B.Zee, sekalian saling mengunjungi sesama peserta Scene on Three.
  5. Meme ini diadakan setiap tanggal yang mengandung angka tiga, sesuai dengan ketersediaan tanggal di bulan tersebut (tanggal 3, 13, 23, 30, dan 31).

Wednesday, August 21, 2013

Wishful Wednesday (1)


Wishful Wednesday ini sepertinya saah satu meme tersukses di kalangan BBI. Selama ini saya belum pernah ikutan. Bukan karena gak tertarik ato karena gak punya wishlist, tapi karena saya tipe orang yang gak bisa posting sesuatu secara rutin.

Namun akhir-akhir ini ada satu buku yang bikin saya kepikiran mulu pengen punya :)).
Dan buku itu adalah :

Kumpulan short stories-nya Roald Dahl tapi untuk dewasa. Aneh memang, saya gak suka short stories. Tapi secara ini Dahl, saya jadi kepengen.

Sebenernya saya udah pernah ketemu buku ini waktu ke Bras Basah liburan kemarin. Saya menemukan versi hard cover, kondisi masih mulus, dengan harga lumayan pula. Sayangnya pengeluaran sudah banyak, so I couldn'tn afford this book at that time. Dan akhirnya buku itu dibeli rekan saya Nur Aulia Afina dari The Black In The Book.
Sementara saya? Cuma kebagian ngilernya :))

Tapi gapapa. Saya percaya saat kamu berharap dan berusaha keras akan sesuatu hal, semesta akan membantumu dengan caranya sendiri. #aihsyedap. So...semoga ada di antara pembaca blog ini yang menemukan buku ini dan menginfokannya ke saya. Syukur-syukur sekalian dibeliin. #eh

Itulah buku impian saya di WW pertama ini. Gimana dengan kamu? Kalo mau ikutan meme ini, gini caranya :

1. Silakan follow blog Books To Share – atau tambahkan di blogroll/link blogmu =)
2. Buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) atau segala hal yang berhubungan dengan kebutuhan bookish kalian, yang jadi inceran kalian minggu ini, mulai dari yang bakal segera dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi. Oya, sertakan juga alasan kenapa buku/benda itu masuk dalam wishlist kalian ya!
3. Tinggalkan link postingan Wishful Wednesday kalian di Mr. Linky (klik saja tombol Mr. Linky di bagian bawah post). Kalau mau, silakan tambahkan button Wishful Wednesday di posting kalian.
4. Mari saling berkunjung ke sesama blogger yang sudah ikut share wishlistnya di hari Rabu =)

Friday, August 16, 2013

(Poem On Friday) WS Rendra - Sajak Orang Kepanasan

Tenang semuanyaaa......(sapa juga yang heboh, wi?). Ini bukan meme kok (yakali ada yang mikir gitu) X).

Cuma aja saya suka sama puisi dan ada beberapa puisi yang tinggal lama di ruang frontal cerebrum ini #halaaaahhh (etapi bener kan ya di situ? poho euy XP). Dan daripada lama teronggok di situ, maka dikeluarkan saja.

Puisi ini buah karya WS Rendra, pertama kali terbit sekitar tahun 1985, diterbitkan dalam kumpulan “Nyanyian Orang Urakan” oleh Mangap Studio. Saya pertama membaca puisi ini waktu dimuat dalam Suara Merdeka pada hari Jumat 15 Mei 1998.
Yep, tepat 1 hari setelah kerusuhan Mei 1998 itu. Saya masih ingat, waktu itu saya lagi bosen karena terjebak di RS tempat papa kerja. Kerusuhan membuat saya dan papa gak bisa pulang ke rumah dan harus nginap di RS sejak tanggal 14. Makin bosen lagi karena novel yang saya bawa dari rumah sudah habis dilahap sementara komputer dikuasai papa yang sibuk browsing memantau berita kerusuhan sambil chatting sama mama di rumah.

Tetiba papa bilang : "Wi, jangan manyun terus deh. Sini papa bacain puisi." Dan mulailah beliau berdeklamasi puisi ini dengan penuh semangat di hadapan saya dan rekan-rekan kerja beliau. Puisi ini selalu menarik memori saya ke sore panas itu, ke suara bariton Papa dan semangat berapi-api yang terdengar jelas dalam deklamasinya, juga applause dan semangat para rekan kerja beliau sesudahnya. And it's one of my sweet memories of him.


SAJAK ORANG KEPANASAN
Oleh :
W.S. Rendra

Karena kami makan akar
dan terigu menumpuk di gudangmu...
Karena kami hidup berhimpitan
dan ruangmu berlebihan...
maka kami bukan sekutu

Karena kami kucel
dan kamu gemerlapan...
Karena kami sumpek
dan kamu mengunci pintu...
maka kami mencurigaimu

Karena kami telantar dijalan
dan kamu memiliki semua keteduhan...
Karena kami kebanjiran
dan kamu berpesta di kapal pesiar...
maka kami tidak menyukaimu

Karena kami dibungkam
dan kamu nyerocos bicara...
Karena kami diancam
dan kamu memaksakan kekuasaan...
maka kami bilang : TIDAK kepadamu

Karena kami tidak boleh memilih
dan kamu bebas berencana...
Karena kami semua bersandal
dan kamu bebas memakai senapan...
Karena kami harus sopan
dan kamu punya penjara...
maka TIDAK dan TIDAK kepadamu

Karena kami arus kali
dan kamu batu tanpa hati
maka air akan mengikis batu

68 tahun yang lalu bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya. Cukup sudah tiran itu menjajah. Dengan berani mereka berkata TIDAK!
Semoga ke depannya bangsa ini tetap berani untuk menolak penjajahan dan tirani dalam bentuk apa pun.
Dirgahayu ke-68 Indonesia tercinta. Berkibarlah terus dengan bangga merah putih-ku.

Saturday, August 03, 2013

Buying Monday (1)

Ya..ya..ya...saya tahu kalo hari ini bukan hari Senin, dan sudah bulan Agustus pula. Jadi telat banget ikutan meme Buying Monday ini. Tapi yaa gimana yaa....saya baru sempetnya sekarang (alasan apa ini?) XP

Buying Monday itu apa sih?
Ini adalah meme yang digagas oleh Aul @ The Black In The Books yang intinya sih buat nunjukkin hasil belanjaan selama sebulan. Buat saya sih, ini juga bisa jadi catatan, soalnya saya suka kebablasan beli 2-3 buku yang sama (hadeuh!),
Anyhoo...list timbunan bulan Juli emang membludak. Salahkan acara jalan-jalan bulan lalu. X)

Saya sudah bercerita panjang lebar tentang trip bulan lalu yang berakibat pulang membawa buku. Foto lebih lengkap cek post sebelumnya aja yaaa (males banget ya blogger yang satu ini :p). Ini sebagian fotonya.

Dan ini adalah list tambahan timbunan dari Chennai, Bangalore dan Bras Basah :
1. George Orwell - 1984
2. Sumrit Shahi - Just Friends
3. Christine Hurley Deriso - Then I Met My Sister
4. Cornelia Funke - The Thief Lord
5. Katie McGarry - Pushing The Limits
6. VS Ramachandran - The Tell Tale Brain (seneng banget ketemu nih buku dengan harga miring. nyarinya udah lamaaa)
7. Adolf Hitler - Mein Kampf
8. John Green - Looking For Alaska
9. Herman Hesse - Siddharta
10. Jack Kerouac - On The Road (sebenernya ini udah punya, tapi suka cover yang ini)
11. Khaled Hosseini - And The Mountains Echoed
12. George RR Martin - Game Of Thrones
13. George RR Martin - A Storm of Swords 1
14. George RR Martin - A Feast For Crows
15. George RR Martin - A Clash Of Kings
16. George RR Martin - A Dance With Dragons
17. Ravinder Singh - I Too Had A Love Story
18. Ravinder Singh - Can Love Happen Twice
19. Veronica Roth - Divergent
20. Veronica Roth - Insurgent
21. MJ Hyland - How The Light Gets In
22. Kathryn Erskine - Mockingbird
23. John Boyne - The Boy In Stripped Pyjamas (satu lagi buku dobel karena naksir cover. D'oh)
24. Miller & Stentz - Colin Fischer
24. Colleen Hoover - Hopeless
25. Rachel Joyce - The Unlikely Pilgrimage of Harold Fry
26. Dr. Seuss - The Foot Book
27. Dr. Seuss - The ABC Book
28. Emma Donoghue - Room
29. Shanon M Draper - Out of My Mind
30. Shel Silverstein - Where The Sidewalk Ends
31. Jessica Sorensen - The Secret of Ella & Micha
32. Jojo Moyes - Me Before You
33. Michael Ende - Momo (ini juga tergoda cover dan harga murah) (_ _")
34. A.A Milne - The House at Pooh Corner
35. Roald Dahl - Boy and Going Solo
36. Eva Ibbotson - Not Just A Witch
37. Enid Blyton - Amelia Jane trilogy
38. Judy Blume - Just As Long We're Together
39. JD Salinger - The Catcher In The Rye
40. Cormac McCarthy - The Road
41. Sarah Dessen - How To Deal
42. John Parker - The Gurkhas
43. Laura Esquivel - Like Water For Chocolate
44. Judy Blume - It's Not The End Of The World
45. Enid Blython - The Books of Fairies
46. Cornelia Funke - Ghost Knight
47. Cecelia Ahern - One Hundred Names
48. Nicholas Sparks - Safe Haven
49. Kate Mosse - Labyrinth
50. Milton Jones & James Knight - The Man From Coolibah
51. Amish Tripathi - The Immortals of Meluha
52. Amish Tripathi - The Secret of The Nagas
53. Amish Tripathi - The Oath of the Vayuputras
54. Eva Ibbotson - The Haunting of Hiram
55. Rudyard Kipling - Just So Stories
56. Cecelia Ahern - The Gift
57. Don Delillo - Cosmopolis
58. David Nicholls - One Day
59. Eva Ibbotson - The Morning Gift
60. Rob Ryan - This Is For You
61. Robert Goddard - Sight Unseen
62. Laurie Halse Anderson - Wintergirls
63. Enid Blyton - The Island of Adventure
64. Enid Blyton - The Castle of Adventure
65. Enid Blyton - The Valley of Adventure
66. Enid Blyton - The Sea of Adventure
67. Enid Blyton - The Mountain of Adventure
68. Enid Blyton - The Ship of Adventure
69. Enid Blyton - The Circus of Adventure
70. Enid Blyton - The River of Adventure 

Selain buku-buku di atas, saya juga dapat 2 buku Sitta Karina hasil swap dengan mbak Yuska dari lustandcoffee lalu swap novelnya Philip Pullman dengan Alvina@Mari Ngomongin Buku.Saya emang bukan fans berat Sitta sih, tapi rasanya gimanaa gitu kalo koleksi saya ada yang bolong. Kalo Philip Pullman sih emang koleksi :D

71. Sitta Karina - Titanium
72. Sitta Karina - Imaji Terindah
73. Philip Pullman - The Firework Maker's Daughter
74. Philip Pullman - The Scarecrow & His Servant
75. Sapardi Djoko Darmono - Hujan Bulan Juni

Lalu beli di Mbak Maria @Hobby Buku yang entah kenapa BBM-nya selalu bisa membuat saya tergoda.


76. Dewi Kharisma Michellia - Surat Panjang Tentang Jarak Kita yang Jutaan Tahun Cahaya
77. Ingrid Law - Savvy
78. Michael Scott - The Enchantress

Kalo 2 buku di atas hasil belanja di OpenTrolley, manfatin voucher.
79. Charles Sheehan Miles - Just Remember To Breathe
80. Snoopy & The Peanuts Gang

Yap...segitulah daftar dosa baru saya bulan Juli 2013. Insya Allah bulan Agustus ini akan menurun drastis kok (amin!).
Bagaimana dengan kamu? Apa daftar belanja bukumu bulan Juli? Yuk ikutan meme ini.

Syaratnya :
  1. Follow The Black in The Books melalui email atau bloglovin'.
  2. Buat post tentang buku-buku apa saja yang dibeli selama bulan itu, publish setiap hari Senin terakhir di bulan itu.
  3. Masukan link post tersebut di linky yang disediakan.
  4. Linky akan dibuka selama 3 minggu, agar bagi yang terlambat, masih bisa mengikuti meme ini.
  5. Bila ada yang memasukan link tentang book haul bulan berikutnya (bukan bulan yang ditentukan), maka link itu akan dihapus dari linky.
  6. Jangan lupa melihat-lihat book haul peserta lain! :D