Friday, January 30, 2015

Fortunately, The Milk

Judul Buku : Fortunately, The Milk
Penulis : Neil Gaiman
Penerbit : Harper Collins
Tahun Terbit : 2013
ISBN : 9780062224071
Bahasa : Inggris
Format : Paperback
Rating : 5 out of 5 stars

Friedrich Nietzche pernah bilang : di dalam jiwa setiap kita, ada anak kecil yang ingin bermain. Cuma saja, dunia dewasa yang sinis cenderung mengubur si anak kecil itu. Kalo yang dikatakan Nietzche itu benar, maka  Neil Gaiman bisa menjadi contoh dan Fortunately, The Milk adalah pembuktiannya. Mungkin sewaktu menulis buku ini, Gaiman membiarkan sisi anak kecilnya yang menentukan jalan cerita.

Kenapa saya bilang gitu?
Karena berkaca pada dongeng ala adik saya semasa dia kecil.
Jadi orang tua saya itu suka banget 'ndongeng ke ke anak-anaknya. Ke saya & kakak, mereka suka cerita peristiwa sejarah. Ke adik yang cewek: dongeng tentang putri dan pangeran berkuda. Nah...ke si bungsu yang beda.

Si bungsu gak suka dongeng klasik pasaran. Dia lebih suka dongeng karangan sendiri yang lahir dari imajinasi liarnya. Contohnya begini kalo Ayah 'ndongeng ke dia :
Ayah : Di tepi hutan Timur, tinggallah seorang pemburu. Namanya Rambo.
Adik : Yigloglo aja!
Ayah : Bagusan Yigloglo sih. Oke itu aja. Nah suatu hari Yigloglo ini mau ambil air di hut...
Adik : Rumahnya semut!
Ayah : Oke di rumahnya semut. Waktu jalan ke sana, dia ketemu sama tal...
Adik : Siput pake topi kuning!
Ayah : Iya itu. Terus siput pake topi kuningnya sedang lar...
Adik : Main suit sama Nobita! Terus siputnya kalah. Terus Nobita suruh siput pake kaos ungu. Terus siputnya gak mau. Terus Nobita suruh siput makan wortel. Terus...abis itu gimana ceritanya, Pi?

Dan begitulah seterusnya. Bisa puanjang banget ini review kalo mau diceritain lengkap dongeng ala adik saya itu :s. Pokoknya dongeng itu sungguh absurd, gak terduga tapi menghibur. Dan SELALU ditutup dengan adik saya sekali lagi telah menyelamatkan dunia (maklum...adik lagi demen banget sama kartun Powerpuff Girl).

Nah...Fortunately, The Milk itu sama (bahkan lebih) absurd dibanding dongeng ala adik. Dan jauh lebih menghibur juga. Jadi selama baca ini, saya mesem-mesem nostalgia sendiri. Rasanya seperti kembali ketemu adik saya di usia 4-5 tahun.

Seperti layaknya dongeng, premis ceritanya simpel banget.
Tentang seorang ayah yang pergi membeli susu untuk sarapan kedua anaknya. Namun si ayah lamaaaa banget pulang. Siapa sangka, ternyata Ayah mengalami petualangan yang seru. Sepulangnya dari beli susu, sang ayah terhisap UFO, kabur lewat pintu terlarang, terdampar di kapal bajak laut, ditolong Stegosaurus yang naik balon udara, dan akhirnya berpetualang bersama beliau. Petualangan yang melibatkan gunung berapi, vampir hingga misi penyelamatan dunia (Tuh kan...mirip dongeng ala adik saya). Tapi untungnya, di setiap petualangan, Ayah sukses menjaga susu tetap utuh.


Udah gitu doang ceritanya?
Iya...emang gitu doang. Tapi anda akan menemui kejutan di setiap halaman. Dan anda akan larut dalam keseruan cerita sang ayah. Belum lagi ditambah ilustrasi unik dan typografi yang royal menghiasi buku ini, yang memanjakan mata dan imajinasi.


Namun selayaknya kisah yang ditulis anak-anak, Fortunately, The Milk jangan dipikirin terlalu serius. Kalo dipikir serius, mungkin malah jadi keder dan bingung sendiri. Anggap aja seperti sedang didongengkan oleh anak anda. Nikmati imajinasi kanak-kanak ala Gaiman yang liar, penuh kejutan namun jauh dari kacangan.
Dan untuk sejenak, biarkan anak kecil di diri anda bermain bebas.
Lima bintang untuk dongeng 30 menit yang sangat menghibur.

CRACKING THE RIDDLE

Karena ini salah satu buku pemberian santa, maka sekarang saatnya saya memaparkan penjelasan riddle serta menebak identitas santa saya.

Sekadar menyegarkan ingatan, Santa memberi saya kado 2 buku, yaitu Rules (reviewnya di sini) dan buku ini, serta nano block. Riddle dari santa bisa dibaca di post ini.
Nano block-nya udah saya bikin. Boleh pamer dulu yaaa.. :))


Jujur aja, bahkan sebelum kado nyampe, saya udah punya tebakan siapa santa saya. Salah satu alasannya pernah saya cerita di grup Whatsapp BBI Jabodetabek, alasan kedua karena santa pernah komen kalo salah satu wishlist saya ada yang belum terbit. Waktu itu saya mikir : kok dia ngeh padahal saya aja gak ngeh? Antara dia niat beli buku itu juga, ato...yah dia adalah sang santa.

Tapi tentu saja, ini tuduhan yang gak berdasar. Jadi saya nunggu kadonya nyampe walo makin hari feeling saya makin kuat. Ya..maklum aja, profesi kek saya ini emang sering pake feeling. Makanya waktu kuliah dulu dosen saya menganjurkan siswanya untuk rajin ngasah feeling (embuh diasah pake apa).
Lalu kadonya datang.
Kado ini diterima sepulangnya saya dari shift jaga 3x24 jam. Jadi dalam kondisi ngantuk dan tepar bangeett.
Dan pertama melihat riddle, saya mesem sendiri. Dugaan saya sepertinya benar.

Saya kasih lagi gambar riddle-nya ya :


Saat melihat gambarnya,  perhatian saya langsung tertuju ke mahkota. Setahu saya, di BBI hanya ada 3 nama yang berhubungan dengan mahkota. Tapi dari 3 nama itu hanya 1 yang ikutan Secret Santa. Fufufu....
Tapi apa maksud sisa gambarnya? No idea (.__.)
Lalu apa yang saya lakukan berikutnya?
YA TIDURLAAAHH!! :)) Gokil aja ente, udah gak tidur 3 hari malah disuruh mecahin riddle X))

Dan tidur emang istirahat paling mantap. Karena sewaktu bangun, ilham langsung menghampiri saya. Seolah dewa morpheus membisikkan jawabannya di kala saya lelap #aihsedap #padahalteunyambung.

Baiklah...balik ke riddle. Kita lewatkan dulu simbol mirip LIA ato Adidas di bagian atas. Dari awal udah jelas maksud simbolnya.

Lanjut ke gambar kupu-kupu.
Di awal saya berpikir kalo itu adalah siluet ngengat Luna. Lalu ada teman yang ngasi tahu kalo ada kupu-kupu yang bergenus Una. Setelah saya googling, hanya ada 1 kupu-kupu bergenus Una yaitu Una usta habitatnya di India. Emang cocok sih ya dengan profil santa. Dan sebenarnya udah bisa ketebak dari itu doang.

Tapi saya masih ngerasa ada yang kurang.
Saya ampe ngomong gini ke teman : "Kok ya terlalu gak berdasar kalo nebak kupu-kupu itu mewakili genus Una? Terlalu random gitu lho. Padahal ada ribuan kupu-kupu di India. Lagian kenapa harus genus? Kenapa gak famili ato spesies sekalian?"

Yang dijawab sama teman saya : "Ya elo juga liar amat nuduh santa loe itu cuma gegara namanya berhubungan dengan gelar. Itu kan profil mahkota raja Denmark ato raja Spanyol. Siapa tahu mo nunjukkin kalo nama dia ada unsur Denmark ato Spanyol-nya!"
Asem emang dia! Malah nambah teka-teki :))

Jadi saya liat lagi riddle-nya. Dan baru nyadar kalo saya lupa masih ada tulisan yang belum dicari artinya.  Dan baru ngeh juga kalo tulisan di bawah itu dimulai dengan huruf "L". Tadinya saya gak nyadar. X))

Jadi kalo dibaca, tulisannya adalah : L Undetriginta punctus unus. Yang berarti: L 29.1
Hmm...kayaknya tadi ngelihat kode itu deh.
Jadi saya balik ke daftar genus di wikipedia. Dan ah ya benar.... L 29.1 emang kode untuk genus una.

Jadi maksud riddlenya itu :
- Simbol LIA ato Adidas ato apalah itu dibaca : ALL (kalo diliat, itu seperti huruf A, di dalamnya ada huruf L, yang di dalamnya ada huruf L lagi)
- kupu-kupu dan L 29.1 = Una
- mahkota = maharani

Yep...santa saya adalah Alluna Maharani.

Makasi ya untuk kadonya, Lun :)

Tapi saya masih penasaran sama komentar teman saya : "Kok pake siluet mahkota raja Eropa??? Bukan mahkota ala ratu India aja gitu. Ato paling kurang pake siluet crown of India." *ribet sendiri*
Hahahaha....... X))

Sekali lagi, makasi banget kadonya, Luna. Dan iya...aku ngerti kenapa kamu pilih nano block yang Big Ben. Aku sempat mikir itu juga kode untuk membuka identitasmu lho. Tapi terus nyadar, kalo saya ke-gr-an. Muahahaha....

41 comments :

  1. Riddlenya kreatif abis,.. Dari sebuah gambar bisa smpai jadi nama,.. :) .. Fortunately, Milk suka dengan ilustrasinya, kretif juga itu si ayah yang diangkut alien ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa....emang kreatif banget ya.Hahaha...ayahnya asli ajaiiibb

      Delete
  2. Riddlenya pake genus genus an. Kok kepikiran ya bikin riddle kaya begitu? hahaha

    Santa sama xnya juga sama sama hebat deh :D

    ReplyDelete
  3. Fortunately The Milk ini asurd sekali, hahaha. Saya suka saya suka saya suka!!

    Wah, mbak Aluna hebat banget bikin riddlenya, lebih-lebih kak Dewi yang bisa nebak, hebat hebat!!

    ReplyDelete
  4. Mbak Luna strikes again! *korban tahun lalu ._.v *
    Keren deh riddle-nya, hehe. Kreatip bingits XD Dan bukunya kayaknya menarik, mungkin harus coba nih

    ReplyDelete
  5. Nano Block-nya pengeeen *salah fokus*
    Kayaknya Luna bkin Riddle mikir keras tuh, gimana caranya biar gk gampang ditebak sama mba dewi yg biasanya paling jago nebak riddle...jadilah hasilnya kreatif begini..Iya gk Lun?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya Luna emang nyesuaiin riddle dengan targetnya. Taun lalu riddlenya berbau kimia krn kuliah Nina kan berhubungan dgn kimia.
      Taun ini bahasa latin karena jurusanku emang byk bahasa latinnya.

      Luna kan pernah bilang di jabo kalo dia buru2 ganti riddle begitu tahu siapa x-nya x))

      Delete
  6. Astaga, riddlenya jenius amat *kagum berat

    ReplyDelete
  7. Kalo aku sih udah pasti gak bisa memecahkan riddle nya *kok bangga -_-*

    ReplyDelete
  8. pas banget sih dapetnya, sesama pemecah riddle :p

    ReplyDelete
  9. mba' gak bayangin deh kalo saya yang dapet riddle kaya' begitu.... duuuuh baca penjelasan mba' Dewi aja saya sedikit bingung hahahahahaha.... mba' Luna kereeen emang riddle-nya... mba' Dewi mah emang spesialis pemecah riddle sih :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penjelasanku ngebingungin ya, nge?

      Delete
    2. bukan penjelasannya yang mbingungi sih mba'... akunya aja yang lola... :)) Kok bisaaaa kepikiran sampe begitu... nyari nama genus segala... :))

      Delete
  10. Luna katanya taon ini riddlenya gampang tp kok aku tetep berasa susah yah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini emang gampang sih, lin. Dibandingin riddle Luna tahun lalu

      Delete
  11. wow riddlenya rumit ya
    Bukunya lucu. I love illustrated books! Buku ini baru diterjemahin bukan ya? Judul terjemahannya agak nggak enak tapi. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha...iyaa...judul terjemahannya agak gimana gitu ya. Tapi sama kayak judul inggrisnya sih

      Delete
  12. mana, nih... Santanya belon nongol... :D

    ReplyDelete
  13. ya ampyuuun super keren ini riddle dan tebakannya juga :D akhirnya luna dan dewi berhadapan juga yaaa XD oiya wi, seru ya dongeng adikmu. jadi penasaran juga aku sama bukunya Gaiman ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ehhmm...mbak, komenmu berkesan seolaj-olah aku dan luna berhadapan di ring tinju.
      Oh..and she's going down if that happens. Lol...

      Delete
  14. itu bukan logo Juve kan, hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas, aku ampe cek logo mahkotanya Juve lho. Iseng aja :))

      Delete
  15. Untuk ke dua kali nya aku mengagumi riddle nya mbak Alluna. Dia keren bingit kalau buat riddle.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. emang riddle2nya Luna selalu daebak!

      Delete
  16. *tepuk tangan keras-keras buat mbakdew dan mbaklun*

    Buku gak masuk akal dan gak bisa diambil serius macem buku ini berarti mirip2 Abarat gitu yah mbak? Sekarang aku juga kebetulan lagi baca buku sejenis. Btw, itu ilustrasinya yg bikin Neil Gaiman juga? *mulai nganga*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setipe absurdnya sama Abarat sih, tapi ini jauuuhh lebih ringan dan lebih santai dari Abarat. Cuma 50an halaman kok.
      Kayaknya itu ilustrasinya ada yg bikinan Gaiman ada yg bukan

      Delete
  17. Keren Riddlenya,mbak Dewi hebat deh bisa nebak

    ReplyDelete
  18. Yes am ur santa! Ehm.. hahahha.. jadi mengerti kan knp aku ga pengen dapet target yg satu grup WA? :)))
    Tadinya emang pengen kasih buku yg ttg ivan itu mbak, soalnya ratenya baguus.. sayang belum terbit ya..

    Thanks buat divisi event yang buat secret santa kali ini seru banget. Semoga tahun ini ada lagi yaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha...laen kali jangan terlalu banyak tebar kode, lun. Apalagi sama aku yg suka ke-gr-an kalo nemu kode x))

      Tapi makasi banget banget yaaaa. Aku suka semua buku dan nano block nya

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  19. Aku baru tahu kalo ada angka kode genus.. Wah, kapan2 keponakanku kusuruh ndongeng juga ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkt belajar taksonomi kan suka ada kode angkanya juga,zee. Tapi manalah aku ingat genus apa kodenya apaa.

      Iyaa...kapan2 suruh ponakan ndongeng deh. Then you're in a fun ride

      Delete
  20. Wkwkwk. Selamaat ya mba deww tebakanmu benaaar. Aku sukaa juga ama buku iniii, buku favorit di th 2014 kemarin ^^

    ReplyDelete
  21. ketika dewi riddle dihadapkan pada ravenclaw yg membelot ke slytherin beginilah hasilnya, hahahaha. Congratz ya Mbk Dew, anda sukses besar tahun ini XD

    ReplyDelete
  22. Akhirnya kegalauan Dewi selama berhari-hari di Spank Club gara-gara riddle terpecahkan juga X))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha....mahkotanya ituuu bikin ragu2. Gara2 make siluet mahkota raja Denmark sih. Temenku ampe ngamuk wkt aku ungkit2 mahkota ke dia

      Delete
  23. Gilak ini riddlenya. Hahahahahah. Ampun deh Kak Luna =))

    ReplyDelete
  24. top deh...
    mereka ini top banget pembuat-pemecah riddle

    juara :))

    ReplyDelete
  25. Geleng2 sama pembuat dan pemecah riddle-nya... Keren!!! Tuh, sekilas liat aku malah ga ngeh ada logo mirip LIA, ternyata iya ya... #karyawankurangloyal :D

    ReplyDelete