Monday, April 13, 2015

Aku, Pasca BBI


Yeaayyy!!! BBI ulang tahun hari ini lhooo. *ketjup basah si Bebi*

Untuk merayakan ulang tahunnya, maka Bebi (maskot BBI yang gembil dan imut itu) meminta kami (para anggotanya) menuliskan perubahan apa yang terjadi pada diri kami setelah bergabung di BBI.

Yang saya rasakan :

Makin banyak nambah teman yang sehati dan sepemikiran soal buku
Sebenarnya sih saya punya banyak teman yang suka baca. Tapi yang maniak? Jaraaanggg!! Kebanyakan mereka beranggapan membaca itu rekreasi, sedangkan bagi saya membaca itu kebutuhan. Makanya saya bisa membaca di mana saja, mulai dari di angkot bahkan saat ngantri karcis di bioskop. Belum lagi hobi saya bawa buku kala liburan yang selalu bikin teman saya protes. Berteman dengan para anggota BBI membuat saya menemukan teman yang setipe dan ngerasa kalo saya ini normal kok. Hahahaha....

Banyak mendapat rekomendasi buku bagus
Sebelum gabung di BBI, saya mengandalkan informasi buku kebanyakan dari feeling aja. Saya pandangi deretan buku baru di toko buku, lihat mana yang covernya menarik, lalu baca sinopsisnya. Kalo sreg ya saya beli tuh buku. Sejak gabung di Goodreads (tahun 2008), mulai tahu yang namanya review online. Tapi yaaa...suka siwer sih bacain review yang buanyak banget itu di Goodreads.
Lalu saya gabung BBI tahun 2011 dan menemukan cara yang lebih praktis untuk cari rekomendasi buku, yaitu dengan blogwalking.

Timbunan buku pun semakin bertambah
Hehehe....risiko banyak dapat rekomendasi buku bagus ya ini nih. Kecepatan membaca saya stagnan saja, sementara kecepatan membeli saya meningkat. Akhirnya....yaaaa.....lebih banyak buku yang tertimbun belum dibaca. Disyukuri sajalah. Artinya saya masih diberi rejeki untuk membeli buku.

Makin menghargai perbedaan
Saya harus berterima kasih pada grup whatsapp BBI Jabodetabek khususnya untuk point yang ini.
Pada dasarnya saya (rasanya sih) cukup toleran pada pihak yang berbeda selera dengan saya. Tapi berkat BBI lah saya belajar untuk semakin toleran.
Soalnya member BBI tuh woleeesss banget. Contoh simpel : mereka yang demen Twilight dan yang anti bisa bergaul akrab di BBI, bisa saling meledek tanpa ada yang tersinggung. Begitu juga dengan mereka yang cumberbabes dan non-cumberbabes yang bisa asik sama-sama ngebecandain mas BenCum (kenapa jugaaaaa saya kudu bawa-bawa BenCum di sini? Mbuhlah)

Membaca buku kipas
Hahaha....sebenarnya sih buku kipas bukan sesuatu yang asing buat saya. Sebelumnya mah udah beberapa kali baca Freddy S kok. Tapi...sampe ketemu teman-teman yang sehobi dan membentuk blog Cakrawala Gelinjang? Baru saya lakukan setelah gabung di BBI :)) Saya juga jadi tahu sih bedanya kualitas buku stensilan kategori porno sama erotica macam bukunya Anais Nin ya berkat BBI.

Makin rajin isi blog
Saya ini moody banget. Buktinya? Tuh liat aja history blog saya. Postingan pertama tahun 2005, lalu vakum lama. Baru ngisi blog tahun 2008, itu pun cuma 6 postingan. Tahun 2009 malah lebih parah dong. Cuma 3 postingan ajah! Jumlah posting saya baru keliatan mendingan sejak gabung di BBI tahun 2011.
Untunglah di BBI ada aturan inaktif maksimal 3 bulan. Mau gak mau saya jadi terlecut untuk ngeblog.

Dan yang paling penting, BBI "mengempiskan" keangkuhan saya
Hehehe....jadi saya ini yah rada 'sombong' sih sama kegemaran membaca saya. Maksudnya saya cenderung menganggap mereka yang gak demen baca itu sebagai orang yang err....gak keren dan gak asik. Aduh...gimana sih ngebahasainnya? Yaaa pokoknya mereka yang demen baca buku itu kaum elit menurut saya.
Dan sebagai orang yang suka baca dari kecil, saya ngerasa diri saya elit banget doong. Hahahaha....
Lalu...saya bergabung dengan BBI. Jadi kenal banyaaakkk orang yang bacaan dan tumpukan bukunya jaaaauuuhhhh lebih banyak dari saya. Dan saya pun disadarkan kalo sesungguhnya saya ini belum ada apa-apanya di dunia pembaca, layaknya satu titik kecil di antara jutaan tanda baca di novel War & Peace.
Terima kasih BBI karena sudah mengingatkan saya bahwa di atas langit selalu ada langit.

Selamat ulang tahun BBI. Tetap berkembang, tetap jaya dan selalu membawa perbaikan di dunia literasi.

12 comments :

  1. ha! yup gabung dengan pencinta buku itu mengempiskan keangkuhan :)
    dan kalian luar biasaaaa membacanyaaa...

    ReplyDelete
  2. hahaha point terakhir itu sesuatu. setuju ... setuju.

    ReplyDelete
  3. Nah ini nih..ledek-ledekan..ada yang kuat ada yang ....
    hahaha...

    ReplyDelete
  4. Harusnya bawa nama Adam Lipain :P

    Eh ya lupa lah ya hasil lomba sepikan itu gimana, bentar deh bentar XD

    Bagiku, aku bersyukur karena ketemu dirimu Bu dok :)

    ReplyDelete
  5. hahaha, kita seangkatan ya bu dokter di BBI. gabung sebelum ss yang mempertemukan kita. terima kaish udah bersama di BBI

    ReplyDelete
  6. Eh, cakrawala gelinjang? Daftaaarrr... *siapin kipas sate*

    ReplyDelete
  7. Ya ampun, Wi..tetap ya...si ular-nya dibawa-bawa. :D
    Btw, kita itu masuknya barengan lho Wi ke BBI. Aku ingat banget di daftarnya rahib itu namamu sebelum apa setelah aku, pokoknya kita deketan.

    ReplyDelete
  8. setuju 1000% dengan statement "di atas langit masih ada langit"
    soalnya apa ya kadang aku dipandang temen-temenku di kantor, di kampus, di sekitarku tuh sebagai kutu buku banget. padahal da aku mah apa atuh cuma butiran debu di padang tandus, segersang pemikiran hati #lah #jadinyanyi

    ReplyDelete
  9. --> Layaknya satu titik kecil di antara jutaan tanda baca di novel War & Peace. Ampun bener dah itu buku tebelnya. Hihihi postingan Bu Dokter ini yg selalu saya tunggu2

    ReplyDelete
  10. saya malah kebalikan dari mba' Dewi, dulu saya sedikit minder dengan hobi baca apalagi sukaan saya kan baca romance... kok berasa jadi orang aneh gitu yang lebih suka bercengkrama dengan buku dari pada nongkrong2 cantik bahas gosip... kenal bebi sayanya jadi gak minder lagi karena banyak orang keren saya kenal dari bebi... orang-orang keren dengan hobi sama... :D

    ReplyDelete