Friday, May 23, 2014

Satu Pojok di Grand Bazaar Istanbul

suasana Grand Bazaar

Bayangkan kamu udah muter-muter gak jelas selama 4 jam di salah satu pusat perbelanjaan terbesar dan tertua di dunia. Di sekelilingmu ramai dengan penjual yang menjajakan dagangan dan orang-orang yang antusias menawar sementara kamu gak ada rencana belanja apapun di sana.
Boring dan capek kan?
Itu juga yang saya rasakan waktu keliling di Grand Bazaar Istanbul. Antusiasme saya udah menurun drastis dibanding pertama masuk karena gak ada barang yang menarik hati. Tapi saya gak bisa pulang juga karena perginya bersama grup.

Akhirnya saya memutuskan untuk pisah dari grup, jalan-jalan ke luar Grand Bazaar sambil berharap mudah-mudahan ada penjual es capcin di sana #halah.
Daaann...tebak saya nemu papan apa?

 Yap betuuullll....Ada tulisan "Old Book Bazaar".
Wow...saya gak nyangka di antara penjual-penjual karpet, minyak zaitun, Turkish delight dan barang khas Turki lainnya, ada terselip satu pojok yang dikhususkan untuk buku bekas.

Rasa letih pun terlupakan. Dengan gagah berani saya langsung melangkahkan kaki memasuki pojok Grand Bazaar yang bernama Sahaflar Carsisi. 
Dan begitu masuk di dalam, saya pun tersenyum sumringah.

Wow....di kiri-kanan berjajar penjual buku. Bahkan ada boks yang bertulisan "1 TL". Hiyaaa....buku 1 Lira doang? Muraahhh banget.
Tapi saya tahan keinginan untuk ngaduk buku bekas dan memutuskan untuk mengelilingi kompleks ini sampai ke ujung.
Bye the way, Sahaflar Carsisi ini kompleks kecil sih. Gak ada apa-apanya dibanding pojok lain di Grand Bazaar. Jadi kelilingin satu daerah ini sama sekali bukan masalah.

Setelah menyusuri ampe ujung dan berniat mampir di salah satu kedai, saya menyadari ada satu hal yang ganjil. Apakah itu?

Yep betul.
Buku-bukunya dalam bahasa Turki (_ _")
Ya sebenernya kalo mau diubek-ubek sih saya dapat novel-novel dalam bahasa Inggris. Kebanyakan novelnya Orhan Pamuk. Sayang buku yang saya temukan itu udah saya punya juga. Jadi batal deh dibeli.


Bisa dibilang sih acara ngubek-ngubek di Sahaflar Carsisi kurang sukses dalam hal menambah timbanan. Tapi pojok kecil ini menyenangkan untuk beristirahat dan menjauh sejenak dari hiruk pikuknya Grand Bazaar.
Ada penjual es krim Turki yang femes itu di sini dan ada taman kecil (kecil buanget) beserta bangkunya. Lumayan buat duduk cantik sambil ngemil es krim Turki yang kenyal itu.

So kalau kamu lagi di Grand Bazaar, gak ada salahnya melipir ke Sahaflar Carsisi buat nge-charge stamina.

5 comments :

  1. 1 Lira berapa rupiah ya Mbak? *.*
    Aku membayangkan Mbak Dewi berjalan gagah berani masuk ke dalam toko bukunya. Hehehe

    ReplyDelete
  2. 1 TL sekitar 5500, may.

    Jalan gagah berani? Hahahaha.....
    Pada faktanya sih jalannya lemes kecapekan

    ReplyDelete
  3. murah yah, sayang rata-rata bahasa Turki, tapi ada bagusnya bahasa Turki, mencegah kalap besar-besaran :D

    ReplyDelete
  4. Wow, kalau murah mungkin aku tetap beli ya untuk kenang2an. :P *book hoarder akut* Aku juga paling senang lihat toko buku kalau lagi jalan2. Rasanya ingin masuk padahal enggak ada yang mau dibeli haha. Ingin banget TFIOS meski edisi bahasa Turki. ;) Wah, ada Fifty Shades juga versi Turki. :P Kalau ke Turki pasti ingin ke sini nanti ^^

    ReplyDelete