Sunday, August 23, 2015

Panduan Lulus Seleksi CPNS Kementerian Kesehatan

Data Buku :
Judul : Panduan Lulus Seleksi CPNS Kementerian Kesehatan
Penulis : Tim Visi Adiwidya
Penyunting : Zulfa Simatur
Penerbit : Visimedia
Tahun Terbit : 2015
xi + 310 hlm; 210x 280 mm
ISBN : 979-065-244-5

Saya ini awam banget dengan seleksi masuk CPNS. Bukan cuma awam gimana prosedur pendaftarannya, bahkan nama dan jenis-jenis tesnya pun saya awam banget. Ya habisnya saya gak punya teman atau keluarga dekat yang bisa ditanyain soal ini. Ada sih kakak yang jadi PNS, tapi dia tes mah udah sepuluh tahun lalu. Yang mana beda jauh sama sistem sekarang.

Googling? Bisa aja. Saya dapat info banyak kok soal tes cpns dari googling. Tapi yaaa saya masih belum tahu isi tesnya kayak apa.
Untungnya jaman sekarang mah semua ada buku panduannya. Mulai dari buku panduan melakukan solo-sex (no kidding) sampai ke buku panduan normal seperti buku panduan mengikuti tes CPNS.

Untuk yang awam kayak saya, buku terbitan Visimedia yang berjudul Panduan Lulus Seleksi CPNS Kementerian Kesehatan ini asik banget. Karena di sini dijelaskan prosedur lengkap mendaftar CPNS mulai dari mendaftar online di website BKN (saya baru tahu ini), jenis-jenis tes yang akan dihadapi, persyaratan yang wajib disiapkan bahkan sampe passing grade yang diperlukan.

Nah sekarang mengenai contoh tesnya nih.
Kelebihan buku ini dibanding buku sejenis adalah adanya latar sedikit teori dan pembahasan mengenai materi yang diberikan sebelum diberikan soal-soal latihan. Contohnya pada bagian tes wawasan kebangsaan dengan materi Pancasila, diberikan penjelasan singkat mengenai asal istilah Pancasila, suasana pembentukan Pancasila sampai ke makna lambang burung garuda Pancasila. Materi ini tentu saja penting untuk orang kayak saya yang udah gak ingat lagi di mana nyimpan buku PPKN dan diktat-diktat mata kuliah Pancasila jaman kuliah dulu.
Kenapa gak hapalin jawaban dari latihan soal aja? Karena soal CPNS itu ada ribuan dan kita gak punya jaminan bahwa soalnya akan berulang. Jadi satu-satunya cara ya pelajarin materinya.

Bahkan sampai ke bagian Tes Karakteristik Pribadi juga masih diberi panduannya lho. Panduan semisal point-point apa yang dilihat dalam tes tersebut juga pembahasan mengenai jawabannya. Misal ada soal cerita tentang kita yang mendapat teguran dari atasan dan bagaimana reaksi kita terhadap teguran. Terus ada pilihan jawaban A sampai dengan E. Nah ternyata tiap pilihan itu ada point-nya tersendiri. Lumayan lah sebagai tips untuk tahu maksud di balik setiap soal psikotest yang diberikan.

Yang bikin saya agak 'jeglek' itu pas liat  bagian Tes Kemampuan Bidang.
Saya pikir tes ini akan membahas mengenai masalah kedokteran, entah dari sisi patofisiologi, terapi, etiologi, dll.
Eeehh....ternyata bukan lhoooo. O_o
Tes bidang kesehatan-nya malah ngebahas seputar undang-undang yang berhubungan dengan kesehatan seperti bunyi PP nomor 12 tahun 2013.
Hadeeuuhhh.....mana saya tahu. Jangankan tahu isi PP-nya. Bahkan saya gak ngeh ada PP semacam itu (_ _") Maklum...saya kan pekerja operasional dan bukannya fungsional. Untung saya dapat pengetahuan dari buku ini. Padahal tadinya saya udah pede mengenai tes di bidang kesehatan ini.
Yaaa saya pikir kan walo pun saya (mungkin) belum menguasai semua sisi bidang medis, tapi minimal nilai saya gak bakal jeblok-jeblok amat. Lah ternyata saya salah besaaarrrr :))

Karena itu lah saya merekomendasikan buku ini untuk rekan-rekan yang berminat mengikuti seleksi CPNS Kementerian Kesehatan.
Apa? Satu buku aja masih kurang?
Tenaaangg, di bagian belakang ini ada daftar Sumber Bacaan yang bisa jadi bahan bacaan lanjutan anda kalo buku ini saja dirasa tidak mencukupi. Bahkan ada info tentang Peraturan Perundang-undangan yang musti dibaca dan dikuasai oleh para tenaga kesehatan yang berminat mengikuti seleksi CPNS.

Ayoo kawan, segera lah beli bukunya, pahami soal-soalnya dan semoga lulus tes CPNS-nya yaaaa.
Psst : masih ada bonus CD software CAT segala lho di buku ini. Walo entah kenapa di buku yang saya dapat sih nggak ada. Tapi bisa di-download kok. Web untuk men-download-nya ada di buku ini.



4 comments :

  1. Saya kok malah ngeklik link di atas sih? Tanggung jawab, wi!! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngiahahahaha.......terus buku panduannya dibeli gak, des?

      Delete
  2. emang gak menjamin lulus, tapi sangat membantu buku-buku seperti ini...

    ReplyDelete