Thursday, April 25, 2013

Close Up Interview Anggota Blogger Buku Indonesia

Masih dalam rangkaian acara ultah BBI, maka Divisi Event BBI menyelenggarakan acara close up interview, dimana para member akan mewawancarai member lainnya, dengan tujuan agar sesama member bisa mengenal lebih dalam. Yang seru nih : format dan isi wawancaranya bebas, jadi pertanyaannya bisa beranak pinak (iyaa..itu saya).

Nah saya kebagian wawancarain Pauline Destinugrainy dari blog Desty Baca Buku. Desty ini salah satu blogger yang bikin saya kagum sekaligus iri soalnya kecepatan bacanya canggih, update blognya juga rajin banget. Woa...kok bisa ya? Saya mah bikin 1 review aja loamaaaa #eyaaa #tsurhat. Jadi ayo kita ngobrol dan kenalan sama Desty lebih jauh lagi.

Oya...karena interviewernya punya sifat bajay, jangan heran kalo topik pembicaraannya gak beraturan dan suka tiba-tiba ganti ya. Trus itu yang berwarna pink dan italic adalah komentar saya. Yaa....dibaca dong ya, kan saya udah bela-belain ngetik. #maksa X)
Sebelumnya maaf untuk Desty dan segenap pemirsah kalo ada kesalahan kata, ketik, eja serta informasi. Kesalahan adalah milik saya dan kesempurnaan hanyalah milik Allah SWT #tsah #LoeKateKenduri. Baeklaahh....ayo kita mulai.

In this conversation that took time for 2 hours (yep...you read it right! TWO HOURS! *sengaja ditegaskan), Desty talked about many things. She talked...

...about the books...

Q : Haloooo Desty. #SenyumLebar Yuk kita mulai dengan sesuatu yang kita cintai bersama : buku. Kamu suka genre buku apa aja? Ato jenis buku apa?
A: Romance, misteri thriller. Asal gak vampire-vampire gitulah. No offense lho *LOL*

Q : Hahaha...gak suka paranormal romance ya? Kenapa?
A : Ga begitu suka pararom. Ngebayangin "bentuk" tokohnya itu yang ribet. Kisah cinta agak absurd aja males apalagi tokohnya ga nyata. Menurutku romens itu bacaan ringan, jadi ga mau baca yang ribet. Kecuali bikin penasaran banget.

Q : Contoh romens ribet non pararom apa misalnya, Des?
A : Pokoknya kalau ceritanya simpel tp dipanjang-panjangin kayak karet kolor ditarik ulur malas deh. Contohnya kayak "Memilikimu" karyanya Sanie.

Q : Simpel tapi dipanjang-panjangin mah Fifty Shades Of Grey dong. #ups  (apapun topiknya, baliknya ke fsog juga) :))
A : Ya. itu juga. Tapi kenapa aku ngasih bintang 3 ya? Aku juga heran. Ah saya memang labil.

Q : Kalo baca, prefer yang printed ato ebook? Aku liat kamu tipe yg baca dua-duanya ya?
A : Suka yang printed. Tapi kalo inggris aku pilih ebook. Biar gampang liat kamus di tablet

Q: Nah berhubung sebut-sebut tablet, info dong pake tablet apa? Trus cari ebook biasanya dimana sih? #kesempatan
A : Aku pake samsung galaxy tab 2.7.0. Tp aplikasinya pake adobe reader hahaha. Semua ebook yg aku dapat aku convert ke pdf pake convertfiles.com. Nyari ebook kalau di atas tahun 2012 di gen.lib.rus.ec. Kalau yg baru di freebokspot.es. Soal ilegal atau gak-nya aku ga tau jg. Yang penting aku ga jual ebooknya. Saya pencinta gratisan hehe..(tuh..para ebook hunter, sila dicatat. Jangan dijual yaaa)

Q : Trus aku penasaran banget nih : "Kok bisa sih bacanya cepet banget dan reviewnya lebih cepat lagi? Apa rahasianya?
A : Ga ada rahasia sih. Tiap ada waktu luang aku selalu membaca. Trus habis baca langsung review biar ga lupa. Aku juga ga ngeh itu bisa tgolong cepat :)

Q : Tapi kamu bisa banget bikin review yg singkat, padat dan langsung ke sasaran. Gmn caranya? Aku pengen bisa :| (interviewernya sirik)
A: Takut spoiler. Jadi aku tulis aja dengan porsi sedikit isi buku dan lebih banyak pendapat pribadi

Q : Dengan kecepatan dan metode seperti itu, rata - rata sebulan bisa baca berapa buku?
A : Sebulan berapa ya? Tahun ini sampe hari ini sudah 66 buku. Hitunglah,Wi. (Wow....rata-rata 15 buku sebulan *kagum*). Pernah tahun lalu aku baca 32 buku sebulan. September 2012. Itu karena ga kerja dan blm kuliah

...about her schools...

Q : Nah karena nyebut-nyebut kuliah nih, kamu sedang kuliah S2 kan? Ngambil jurusan apa dan di mana?
A : Masih jurusan biologi, dan masih di UGM. Ini ngambil S2 gara-gara kerjanya jadi dosen. Tahun 2015 nanti untuk jadi dosen minimal S2. Kalo sekarang di Indonesia timur masih banyak dosen S1 karena kekurangan SDM yang S2. Makanya peluang beasiswa S2 banyak prioritas utk daerah timur. (Ada yang mo jadi dosen? Pertimbangkanlah untuk melamar ke Raja Ampat sekalian jalan-jalan #NiatnyaUdahSalah)

Q : Ngajar jadi dosen di mana?
A : Di Palopo (Sulawesi Selatan), kampungku. Universitas swasta. Bagusnya karena otoda banyak daerah yang buka universitas atau sekolah tinggi. Jadi ga perlu jauh-jauh ke ibukota propinsi.

Q : Asli orang palopo ya, Des? Dulu s1 di sana juga?
A: Ya. Aku aslinya Palopo. Sampe SMP di sana. Trus SMA di malino (tau kan tempat itu?), S1 di jogja.

Q : Tauuu dong Malino. Aku suka di situ. Dingiiinnnn. Kok bisa dari palopo ke malino?
A : Di malino tahun 1997 ada sekolah binaan yang dibuka sama Pemda Sulsel. Utusan daerah (2 org peringkat terbaik) dikirim sekolah di sana. Sebenarnya waktu itu dari Palopo aku di peringkat 3. Tp krn yang peringkat 1 dan 2 cowok, trus pemda maunya ngirim sepasang, jadinya si nomor 1 dan aku yang brgkt. Lumayan gratis uang sekolah dan asrama slm 3 thn. Yang bayarin pemda (Wow...Desti pinter amat ya. Lah saya...lomba makan kerupuk se-RT pun saya kalah #NgesotMinder)

Q : #menatapTakjub Jangan-jangan masuk S1nya pun PMDK ya? :D
A : Gak, jalur umptn. Ngasih kesempatan bapakku biayain anaknya kuliah hehe. Aku PMDK lolos di Unhas jurusan agribisnis, tapi ga aku ambil

Q : Kenapa lebih pilih biologi daripada agribisnis?
A : Dari SMA aku suka biologi (sembah sujud daahh. Saya paling tiarap sama biologi). Disuruh jadi dokter sama ortu, tapi waktu itu gak pede sama otak. Percaya ga kalau pilihan ke-2 pas UMPTN itu kedokteran Unsrat-manado? Tapi untungnya keterima di pilihan pertama Biologi UGM. Tanteku ada yang dokter. Tapi anak-anaknya ga dekat ama dia karena dia sibuk dengan profesinya. Mungkin itu juga yang bikin aku ga mau jadi dokter karena sering dicurhatin sepupuku (Duh...doakan saya gak kayak gitu ya, pemirsa. *cari bapaknya duluu woy* #selfkeplak)

...about her hometown & family...

Q : Palopo itu tempatnya seperti apa sih?#SiKepoBeraksi
A : Di Palopo udah rame sih. Tapi toko buku macam Kharisma (ga usah gramed lah ya) belum ada. Sebelum gabung di blogger buku, aku kan biasa belanja buku ya. Sebulan sekali minimal. Tapi pas pindah ke Palopo ngerasain banget susahnya beli buku. (kota tanpa buku emang salah satu cobaan terbesar para kutu buku #lebay)

Q : Apa yang dikangenin dari Palopo?
A: Sekarang? Keluarga sama rutinitas ngajar hehe

Q: Serius kangen sama rutinitas ngajar? Wow...apa serunya ngajar ampe bikin kangen?
A: Iya..padahal kalo di sana kadang capek juga ngajar gitu. Mungkin karena aku banyak dapat ilmu baru di sini, jadi pengen segera dibagi ke mahasiswa di sana.

Q : Salut sama dedikasinya. Artinya emang kamu bermental pendidik ya.
A : Mungkin. Kakak dan adikku juga guru lho..

Q : Ow...keluarga guru. Mereka guru apa? Kakak dan adik cowok atau cewek? Orangtua jg gurukah? Biasanya guru profesi turunan di keluarga :D
A : Cewek. Kami tiga bersaudara cewek semua. Mereka guru di SMK, ngajar komputer. Keduanya kuliah di teknik informatika. Turunan guru dari nenek dari pihak papa sama kakek dari pihak mama).

...about her other hobbies...

Q : Selain baca buku, ada hobi yang lain gak?
A : Hobby lain apa ya? Nonton film atau serial.

Q : Film ato serial favorit apa? Sukanya genre kayak apa nih?
A : Film comedy romance, science fic, animasi seperti Serendipity, Madagaskar, Up, Wall-e. Tapi paling suka sama film yang nontonnya pake mikir, artinya sampe filmnya beres masih kepikiran sama jalan ceritanya.  (#salutlagi Kok demen ya? Saya sih gak demen sama yang pake mikir XD *makanya otakmu tuh teflon, wi). Kalau serial sukanya yang dokter atau detektif kayak Numb3rs, Greys Anatomy, House MD,Lies To Me, The Mentalist. Yang geek kayak Big Bang Theory juga suka (yeaayy...toss sesama penggemar BigBang). Serial Korea dan Jepang juga suka, tapi yang romantis lucu. Yang ingat cuman itu. Eh,ada ga ya serial ttg buku gitu?

Q : Serial tentang buku...hmm....Once Upon A Times bisa kah?
A : Ah tentang fairy tales itu ya. Ga suka yang itu. Tentang geek buku gitu ada ga ya?

Q : Geek buku? Eng kayaknya nggak ada ya. (Pemirsah, ada gak ya serial tentang geek buku?). Btw itu diliat film favoritmu kebanyakan animasi. Suka animasi ya?
A : Iya, suka animasi. Aku lupa judul film apa aja yg sudah aku nonton. Oh iya, kemarin nonton film India keren. Judulnya Barfi sama English Vinglish. Udah nonton?

Q : Belom. Jarang nonton India. Dapatnya dimana? Torrent?
A : Suamiku yang donlot. Di ganool kalo ga salah. Suamiku hobi donlot film. Aku sih tinggal nonton aja. (hooo...ganool #catetlagi. Info penting buat pecinta gratisan)

...about her husband...

Q : Eits bawa-bawa suami tuh. Cerita tentang suaminya dong. Nama, umur, jenis kelamin (lho), ketemuan dimana, hobinya apa, nikahnya udah berapa lama #berasasensus (gak sekalian nanya size bajunya, wi? #SelfKeplakLagi)
A: Namanya Joel Panggabean. Hobi nonton film dan fotografi. Dia 7 tahun lebih tua dari aku. Ketemunya pas aku kerja di bogor. Dia org batak. Aku pernah bilang pengen punya suami putih,berkacamata, dan pintar masak. Trus aku mau nikah umur 25. Didengar ama Tuhan semuanya. (Pelajaran berharga nih buat yang masih mencari jodoh : mintanya yang spesifik ya. Jangan cuma bilang : Tuhan, saya minta orang baik sebagai jodoh saya. Kurang spesifik itu #naonsih)

Q : Terus...terus...lagi dong perkenalan tentang suaminya... (ini kenapa gw yang semangat?)
A : Yang bikin aku salut dan hormat ke dia, dia mau ninggalin kerjaannya di Papua demi biar kami ga LDRan (which is aku ga suka). Dia jadikan hobi fotografi buat cari duit.Udah gitu pas aku sekolah dia ikut juga ke Jogja, biar ngerasain hidup di jogja. Aku kan ga bisa masak, Wi. Dia yg masak buat kami. Mamaku aja kalo ada dia, cuti masak..hehe. (Okeh fix! Mulai sekarang gw berdoa minta jodoh yang setia kayak Snape, protektif kayak Peeta, gentleman kayak Darcy, seru kayak Augustus, tajir kayak Richie Rich *ini mah ngelunjak namanya*)

Q : Wait...waktu kalian ketemuan, pas kamu di Bogor? Jadi Desti pernah kerja di Bogor sebelum di Palopo? Trus waktu itu dia udah kerja di Papua?
A : Yup. Aku lulus februari 2005. 6 bulan nganggur trus dapat kerja jadi peneliti di bogor. 4 tahun di sana, trus pndh ke Palopo pertengahan tahun 2009. Waktu ketemu di bogor dia kerjanya masih serabutan di LSM. Trus ditawarin temannya kerja di Papua, ngumpulin modal nikah ceritanya. Sampe 2 tahun setelah nikah dia masih kerja di Papua

Q : Fotografer apa dianya?
A : Apa ya? Macem-macem sih. Liat aja di fbnya hasil jepretannya (ps : fbnya yang ini). Kadang foto orang kondangan juga. Atau prewed.

(ps : semua foto diambil dari koleksi foto milik Jobaladatukangphotokeliling. Keren-keren yaaa. Kalo ke Yogya pengen deh difoto-foto sekalian dimasakkin sama Bang Jo ;) #NtarDiaYangEmpetSamaLoeWi)

...about herself out & about...

Q : Balik ke list pertanyaan ya (emang ada listnya dari tadi? o_O)  : impian yang belum tercapai apaan? Ada tak?
A : Impian punya anak, wi. Tapi itu mah urusan Yang Di Atas ya. Kami mah berusaha aja. Repotnya yah menghadapi keluarga yg sibuk nanya kapan itu. (Iya...pertanyaan yang dimulai dengan "kapan" itu cenderung nyebelin #TetibaTsurhat). Trus pengen ke luar negeri hihihi... Pengen ke Belanda. Dulu pengen S2 di sana. Tp ga kesampaian

Q : Waa...kenapa gak coba cari beasiswa di Belanda? Kan biologi banyak beasiswanya. Biasanya dosen kan lebih dilirik tuh.
A : Setelah nikah, passion buat sekolah sempat hilang. Sekarang pengennya jalan-jalan aja atau shortcourse gitu. #Jleb *saya belum nikah tapi pengennya udah jalan-jalan aja*#tepokjidatAnang

Q: Sebutin minimal 5 bucket listmu dong, Des (kalo ada)
A : 1. Pengen punya perpus pribadi. Semua blogger buku pasti lah ya..
2. Pengen punya nursery anggrek. Ini impian lama sih, tapi belum sempat diwujudkan.
3. Pingin punya blog buku pribadi yang bikin gratisan gitu. Biar kelihatan profesional #halah.
4. Pengen punya rumah sendiri. Sekarang baru mampu beli tanah doang..hehe
Apa lagi ya? 4 aja deh. Ntar ditambah lagi kalo ada yang udah bisa dichek "done"

Q : Dari jawabanmu, tampaknya kamu tipe orang rumahan ya? Bener ndak? Trus pengen punya rumah di mana?
A : Ya. Aku memang orang rumahan. Ga begitu suka jalan-jalan atau meninggalkan rumah dalam waktu lama. Spot paling asyik buat baca aja di kamar, di tempat tidur sendiri. Pengen rumah di Palopo. Yang ga jauh dari org tua.

Q : Oiya nursery anggrek itu apa? Semacam rumah kaca khusus anggrek?Berarti suka anggrek dong. Anggrek favoritnya apa dan kenapa?
A : Iya.. Betul. Rumah kaca khusus anggrek. Kebetulan ortuku juga suka anggrek. Paling suka Phalaenopsis (anggrek bulan). Thesisku sekarang tentang itu. Tapi anggrek lain juga suka. Kenapa paling suka? Ga ada alasan khusus suka sama anggrek bulan. Mungkin karena hybridnya banyak. Disilang-silangkan gampang. Bunganya juga lumayan lama bertahan. 

Q : Menurutmu sendiri nih, apa sih kelebihan dan kekurangan seorang Desti?
A : Kekuranganku itu keras kepala, ga bisa masak, lebih bisa berkata-kata lewat tulisan daripada lewat omongan. Kalo orang pertama kali ngeliat aku pasti dikira sombong, galak. Aku ga bisa berbasa-basi sama orang apalagi yang baru pertama ketemu.
Kelebihanku apa ya? Disiplin dengan waktu, lebih terorganisir, kalau udah tertarik sama satu hal pengen tahu lebih dalam, rasa ingin tahu besar, lebih banyk dengar daripada ngomong. (enak dijadiin tempat tsurhat nih)

Q : Btw...3 pertanyaan terakhir nih (kasian udah kelamaan soalnya) x) : 1. Seandainya kamu bisa hidup di dalam salah 1 buku ato jadi karakter di buku, bakal pilih buku atau karakter apa?
A : Hwa,susah ini. Aku ga pernah pengen hidup seperti dalam cerita buku. Karena dalam buku ceritanya harus berakhir. Yah kita pasti mati sih tapi ga mau ditebak endingnya. Jadi karakter? Ga tahu, Wi. Ga pernah berpikir pengen jadi kayak A atau B. Mungkin waktu baca iya, tapi sesudah itu ya sudah. Ga kebawa jadi sampe pengen banget. (Hehehe...Desti lugas ya)

Q : Ada buku yang rasanya "gw" banget gak? Kalo ada apa?
A : Test Pack nya Ninit Yuanita

Q : Jadi dalam 7 kata desty itu...?
A : Desty itu biologist, book blogger, stubborn, listener, book-addict, apa lagi ya.. *malah bingung*. Eh,udah 7 kata kan? #maksa

Hahaha....Yah sebenernya sih baru 6 kata ya. Tapi sudahlah. Jangan ganggu Desty lagi. X)

Dan dengan itu selesailah rangkaian wawancara ini #fyuh #elapKeringatdiPundakTomCruise.
Asli...seumur-umur baru kali ini saya wawancara orang yang bukan pasien ato keluarga pasien. Rasanya seru dan bingung mo nanya apa :)).
Tapi dari wawancara ini saya bisa mengenal lebih dekat seorang Desty. Saya tahu kalo Desty itu seneng dicurhatin (ini asumsi seenak jidat sebenernya),  pecinta anggrek, orang rumahan dan gak suka basa-basi. Jadi saya pun gak perlu sungkan basa basi ya, misalnya mo minta hp baru gitu tinggal bilang aja : "Des, tolong beliin iphone 5 dong. Makasi ya." (ini mah namanya kurang ajar woy).

Makasi buat team Divisi Event BBI yang udah bikin rangkaian kegiatan seru semacam Close Up Interview ini dan bikin para member saling mengenal.
Makasi juga buat Desty yang udah ikhlas diajak ngobrol ngalor ngidul sama saya. Semoga kuliahnya cepat selesai dan segala impianmu cepat tercapai yaa.

Oyaa....kalo mo baca saat saya diinterview sama Ana @ The Cow and Her Books, silakan ke sini


32 comments :

  1. *Curi start komen*
    emang bener nih, mbak Desty progres bacanya cepet banget, salut! ada tips triknya ga mbak buat fastread gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baca anytime anywhere katanya sih. Tapi aku jg kayak gitu kok gak cepat amat ya? tergantung amal kali ya :))

      Delete
  2. Waaah, asik banget acara wawancaranya. Masih pengen baca lagi tapi tau-tau udah kelar aja wawancaranya. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Happah? O_o? Ini udah panjang banget, mas. udah 2 jam!
      Diulang lagi biar dramatis : Dua Jam. DUA JAM #DilemparToa

      Delete
  3. Kyaaa... *udah terbit* *berasa selebritis*
    Sukaa deh dengan tulisan ini, meski sempat deg-degan sebelumnya bakal dikomentarin apa ya sama lo...
    Btw, tulisan ini aku pake buat page "about me" di blogku yaa...:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.....kok loe tahu gw bakal kasi komentar? X)

      Silakan, des

      Delete
  4. apaaaa? udah tayang aja?
    Aq blum kelar ngerjain peer dari Teh Chacha iniiiiih T^T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Muahahahahha.......*ketawain Danee ampe ethiopia* #laludikeplak

      Delete
  5. khas dr dewi banget, hahaha. tapi kenapa anang masih disebut2 sih? #tepotjidatnyaashanty

    ReplyDelete
    Replies
    1. kok Ashanty sih, mas? Gak kasian? Kan dia baru sembuh dari sakit :(

      Delete
  6. mba dewi interviewnya bagus...ngalir bgt..langsung lewat telpon or whatzapan pasti nih.

    thank you des buat link ebooknya :D

    ReplyDelete
  7. jadi tambah kenal mbak desty nih, pernah ketemuan aja informasinya nggak sebanyak ini, seru, apalagi yang warna pink, dewi banget :))

    ReplyDelete
  8. Aaahh... Jadi disitu Desty donlot ebooknya? Kamsiya yaaa...

    Duh, Wi, ni aku baca hasil wawancara sambil goreng tempe plus injak2 foot reflection hahaha... Sukses ngikik :)))

    ReplyDelete
  9. Mbak Desty, emakku penggemar Anggrek, mungkin asyik kali kalau bisa ketemuan :D. Kasih masukan ke beliau masalah anggrek, di rumahnya banyak tuh anggrek2,hehehe

    ReplyDelete
  10. Hihihi.. Bingung mau nanya apaan aja bisa sampe sepanjang ini ya, gimana kalo nggak? XD

    Seru banget wawancaranya. Udah siapin notes buat nyatet situs-situs yang di atas. Wahahaha

    ReplyDelete
  11. wawancaranya asyik dan seru, wawancara sekalian dapet info soal donlot gratisan (catat & catet)

    wakakak, ngakak baca komennya mbak Dewi (eh punya sendiri belum di posting)

    ReplyDelete
  12. Hahahhaha omaaaigaaawd. Ini post CUI yang kaya informasi, selain tentang Mbak Desty banyak referensi gratisan buku dan film juga nih. Dan tetep, post ini Mbak Dewi banget deh. XD
    Btw aku juga 3 bersaudara cewek semua, toss dengan Mbak Desty.

    ReplyDelete
  13. Paling salut sama kecepatan bacanya Mbak Desty! Btw, interviewnya keren, Mbak. Khas Mbak Dewi bangeeet. *ngakak sendiri*
    Untuk Mbak Desty, thanks info donlot ebook gratisnya huahaha. XD

    ReplyDelete
  14. Salam kenal Dewi :)

    Salam kenal Desty :)

    Betul, kota tanpa toko buku itu memang cobaan yang sangat berat *nasib tinggal di kota kecil (⌣́_⌣̀)\('́⌣'̀ )

    ReplyDelete
  15. Mba Desty, aku baru ngeh kalo Mas Joel orang Batak. Haha.. kapan2 aku cek FBnya aah~ *uda sering maen bareng tapi ga punya FBnya*

    Btw, Mba Dewi ini ku amini deh , nyontek doanya yaaa *eaa* --> Okeh fix! Mulai sekarang gw berdoa minta jodoh yang setia kayak Snape, protektif kayak Peeta, gentleman kayak Darcy, seru kayak Augustus, tajir kayak Richie Rich *ini mah ngelunjak namanya*

    ReplyDelete
  16. waah... tambah kenal Mba Desty nih..
    Ternyata pernah lulus PMDK Unhas jurusan agribisnis. Itu pilihan keduaku dulu.. Hampir saja kuliah sama2 mba Desty deh.. :)

    ReplyDelete
  17. Haha, seru banget ini interview-nya...

    Mbak Desti emang rajin banget soal nulis review. Kalau gak salah pernah ngetweet habis baca buku langsung bikin review-nya. Kesindir lah sayaaa... haha :D

    ReplyDelete
  18. bwahahaa..mbak dewi juara deh interviewnya...berbakat betul jadi penyiar radio #eh

    eh mbak desty, nggak semua pria batak bisa masak kok, *bilangin diri sendiri*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soal batak itu, sebenarnya ga masuk daftar doa sih.. tapi yah mau gimana lagi kalau jodohnya orang batak. Kata suamiku, "sudah tak bisa kau menyesal sekarang" :D

      Delete
  19. baru tau kalo minta jodoh spesifik bisa terkabul begitu hahaha...

    ReplyDelete
  20. Mbak Asdew, diriku numpang blogwalking tengah malam...

    Desty ini salah satu blogger yang bikin saya kagum sekaligus iri soalnya kecepatan bacanya canggih, update blognya juga rajin banget. --> ini bener sekali... aku selalu menemukan email goodreads yang ada review baru dari mbak Desty... Luarrr biasa...

    Eh ternyata pernah kuliah di kampung kelahiran ya mbak Desty ini ? :o

    Salam kenal ya mbak...

    ReplyDelete
  21. Aha Dewi nih paling bisa wawancara lengkap dan informatif, jadi tau Desty banyak kepandaiannya ..Salam buat Dewi dan Desty

    ReplyDelete
  22. Waaaaaa.. Wi, bakat wawancara ternyata! ini informatif banget loh.. Banyak yang aku baru bener2 tau tentang kehidupan Desty (yang aku kagumin karena super konsisten), hehe..

    ReplyDelete
  23. Aku dong baru mampir *kebas debu
    Bener kata Mbak Dewi, aku selalu terkagum-kagum karena setiap aku buka Reader di Wordpress, maka nama Kak Desti akan muncul dengan rajinnya xD
    *lirik blog sendiri yang dipenuhi sarang laba-laba

    ReplyDelete
  24. There's a chance you're eligible to receive a Apple iPhone 7.

    ReplyDelete