Wednesday, January 22, 2014

Ketika Si Book Hoarder Berkontemplasi...

Saya tipe orang yang gak suka bikin resolusi apa-apa karena gak mau terbeban >.< , saya juga penganut setia paham 'hidup-itu-mengalir-saja'. Termasuk dalam hal mengatur dana :|
Pokoknya selama saya ngerasa kebutuhan bulanan tercukupi dan sudah menyisihkan dana untuk tabungan dan kondisi darurat, ya berarti sudah beres. Sisa pemasukan bisa saya pake semaunya.

Makanya waktu awal 2014 kemarin banyak teman blogger buku yang beresolusi untuk menetapkan budget belanja buku bulanan atau yang bersumpah untuk tutup mata akan diskonan toko buku (yang lebih gampang ditemukan daripada jodoh #halah), saya mah anteng aja.

Sampai secara kebetulan, ada teman yang retweet artikel berjudul Cek Kondisi Keuangan Anda Dalam 5 Menit dari LiveOlive ini. Berhubung kepo, saya pun mencoba cek dan....terpana baca hasilnya.

See...point pertama artikel itu adalah menyarankan untuk mengetahui suku bunga deposito bank. Yang ngenes adalah...saya gak punya deposito berjangka ( ._.)/|suram|.

Lalu point kedua untuk mengetahui cakupan asuransi. Okeh...yang ini lumayan bikin tenang karena saya punya (walopun setelah ngecek polis, cakupannya standar aja). Aeehh..... *merenung di bawah shower*
Point ketiga dianjurkan untuk menulis tujuan jangka pendek (dalam 1 tahun) sampai jangka panjang (dalam 3 tahun).
I was like : "Happpaahh?" o_O7
Manusia mengalir kayak saya ini mana punya tujuan jangka pendek maupun panjang? Masa' iya dalam tiga kolom tujuan itu saya cuma tulis "Hidup-Bahagia-Meninggal-Masuk-Surga"? *elo kira ini tulisan di belakang truk, wi?*

Dan point ini makin terasa menusuk karena disertakan pula quote dari Steve Sebold (penulis buku How Rich People Think) yang berbunyi "Orang kaya memiliki tujuan perusahaan dengan tenggat waktu do or die".
Sa...saya....jarang (versi halus dari gak pernah) ngasi deadline ke diri sendiri. Masa' ini artinya saya gak bisa jadi orang kaya? (T^T) #nyalainkompor #bikinpudingbaygon

Setelah puding baygonnya udah matang, saya pun lanjut baca point ke-4 yang menyarankan untuk mengelola pengeluaran satu jenis pada satu waktu. Jadi misalnya suka belanja buku, makan di resto, beli mobil baru (ya kali aja ada yang hobinya beli mobil baru tiap bulan),  nah diwajibkan untuk memilih satu jenis pengeluaran aja per bulan dan tetapkan budgetnya.
Ini mirip dengan resolusi yang dibikin teman-teman saya sih. Cuma kalo di sini harus lebih strict lagi mengikuti budget itu (supaya tujuan jangka pendeknya tercapai).

Kayaknya....dari 4 point di atas, yang terakhir ini yang paling bisa cepat saya adaptasikan ya (dan setelah berkontemplasi lama #aeh, saya bisa merumuskan target jangka pendek.Hohohoho.... *ketawa bangga*).
Jadi sepertinya saya udah mesti menetapkan budget belanja buku nih.
Pertanyaannya : sebaiknya berapa ya? 
Soalnya asal milih satu angka sih gampang, tapi begitu ketemu iblis bernama diskonan, langsung buyar itu budget. Jadi saya pengen menetapkan target yang realistis aja.
Teman-teman, kalian pada netapin budget berapa sih untuk belanja buku? *nanya serius*

Kalo saya, untuk bulan Januari dan Februari saya bakal berpegang di niat : "gak bakal nambah timbunan baru sampe minimal 10 timbunan buku lama sudah terbaca".Tapi saya sadar sih, niat ini akan gampang goyah saat ketemu Pesta Buku ato kalo ke Bras Basah. Makanya sebelum salah satu terjadi, saya kudu banget netapin budget. Bagi-bagi infonya dong kalian netapin budgetnya berapa?

Baidewei...point kelima dari artikel itu mengingatkan agar gak lupa menghitung berkat yang sudah didapat sebelum ini. Alhamdulillah, banyak yang bisa saya syukuri. Fakta bahwa saya masih hidup dan tetap sehat dan mampu ngeblog aja sudah saya syukurin banget kok.
Dan ada satu lagi yang saya syukuri : menemukan artikel di atas dan dapat pencerahan soal pentingnya berencana demi terwujudnya impian jadi juragan gorengan sehat nan sukses serta hidup-bahagia-meninggal-masuk-surga (Minta amin-nya doong).
So...saya memutuskan untuk batal mengonsumsi puding baygon ini. Ternyata masih ada harapan untuk saya. Tapi sayang, gak ada harapan untuk tikus di rumah. *umpanin puding tertjintah ke tikus*

14 comments :

  1. dua ratus ribu aja aku untuk bulan-bulan depan u.u semoga gak goyah ~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dua ratus ribu ya, dy? *catet* Mudah2an bisa segitu juga

      Delete
  2. Aku jg belum yakin bisa netapin budget beli buku, paling2 aku mempersempit jenis buku yg kubeli. Jadi yg dibeli benar2 buku yg bakal susah nyarinya (yg biasanya bikin kalap di tobuk bekas), atau klo buku (terjemahan) baru yg dr penulis favorit aja.. Kalau perkiraan cuma utk ditimbun ya ditunda dulu belinya. Belum berhasil sih, soalnya ternyata malah sering nemu buku yg susah dicari. Duh, ini komentar sia-sia banget ya. *cuil puding baygon si tikus*

    ReplyDelete
  3. dulu aku netapin 100rb/bulan. tapi sekarang, berhubung timbunan masih banyak, jadinya beli buku yg ada di wishlist aja. dan memanfaatkan diskonan tentunya.

    ReplyDelete
  4. Kalo aku.... Nggak netapin budget tertentu buat buku sih Mbak, secara masih dr ortu, jadi ya se-dikasihnya aja #ngumpetdibalikwajan
    Tapi biasanya aku stop di angka 100-200 tiap ke tobuk, itu juga paling sebulan sekali :D Utungnya aku jg bkn tipe yg gampang kegoda sama diskonan, abis diskonan meski cuma 10-15k perbuku, kalo tiap kali nitip/beli terus, sama aja jd banyak juga keluarnya :p

    ReplyDelete
  5. kalau saya biasanya menyamakan dengn pulsa listrik xixixix berkisar 200-300rb maksimal. biasanya juga dimasukkin budget majalah disitu :D
    btw, salam kenal ya...:)

    ReplyDelete
  6. artikel itu mengingatkan agar gak lupa menghitung berkat yang sudah didapat sebelum ini

    ReplyDelete
  7. dengan uang honor di bawah UMR dan tidak pernah lagi minta ortu kecuali hal-hal seperti makan di rumah, kukira 200k itu kecil untuk itungan book hoarder, eh tapi ternyata ada orang yang 100k (._. ), komik aja cuman dapat berapa itu *plak* pantes kamu gak pernah punya tabungan de *jedukin kepala ke tembok*

    Mide

    ReplyDelete
  8. Aku Rp. 250.000/bulan paliiiing mentok mbak. Biasanya sih kalo lagi belanja buku import tuh yang angkanya deket2 segitu.Tapi akhir2 ini lagi ga mood beli buku import sih, jadi lumayan lah. Tapi yang aku bingung.. uangku kok abis-abis aja ya? Padahal aku juga jarang belanja selain buku lho.. Kayaknya uangku banyak abis buat makan.. Hahahahah!!!

    ReplyDelete
  9. Satu juta paling banyak :D

    Tapi itu udah termasuk buku - buku buat hadiah GA dan buku yg kubeli pan banyak impornya :v . Makanya aku suka silent WA, you know lah, banyak sale - sale berseliweran disana :)). Tahun ini juga aku berusaha ngerem beli buku. Lemariku sudah ga cukup sih *sigh* (alasan lama ya)

    ReplyDelete
  10. salam kenal.

    kalo saya sih susah netapin budget. ujung2nya dilanggar juga. dan kita gak tahu kapan buku-buku keren terbit. kalo semuanya terbit di bulan yang sama, dan saya pas ada di kota yang ada toko bukunya, gak yakin saya bisa nahan diri buat gak beli :D

    ReplyDelete
  11. Tahun ini... resolusi mengurangi timbunan dulu. Otomatis mengurangi belanja buku. Selama Januari ini dolan mingguan ke toko buku diganti belanja dua mingguan di toko buku online. Selain nggak sempat ke toko buku, juga mengincar diskon 15% plus gratis ongkir.

    Kalaupun nanti ketemu diskonan, bazar, pameran, etc... berdoa saja tidak banyak buku yang kelihatan "sepertinya menarik".

    ReplyDelete
  12. kalo baca tulisannya mbak dewi, jadi berasa nonton film jepang yang pemeran ceweknya suka ngomong sendiri *cekikikan*

    ReplyDelete
  13. nggak tentu, aku tipe pembaca yang pinjam dulu baru beli, belinya kalo ada yang murah. tapi maksimal biasanya 200rb, masih banyak kebutuhan lain yang harus dipenuhi, makan, nonton film, beli sepatu =))

    ReplyDelete