Wednesday, February 05, 2014

Buku = Investasi (???)


Post ini terbit karena tergelitik akan artikel yang berjudul 5 Aset Yang Mungkin Anda Punya Di Rumah. Artikel ini memberi info kalo ada beberapa barang di rumah kita yang bisa jadi aset berharga di kemudian hari seperti perangko kuno, lukisan ato perhiasan (yang ini mah jelas lah yaa).
Ebentar....sebelum lanjut, biarlah saya informasikan dulu kalo menurut LiveOlive, aset adalah barang milik yang punya nilai ekonomis, bisa dijual dan biasanya harga jualnya lebih tinggi daripada harga beli.

Yah...buat saya sih koleksi perangko kuno atau lukisan dengan harapan harganya melambung suatu hari nanti iyu bukan saya banget. Tapi jadi kepikir juga : koleksi buku saya kira-kira bisa jadi aset gak ya suatu saat nanti? Apa buku bisa dianggap investasi masa depan (selain investasi untuk pengetahuan pastinya).

Lalu saya pun iseng browsing, dan yang ketemu malah website yang menawarkan buku second dengan separuh harga. Waduh.....ini sih bukan aset namanya *emot muka kosong ala WA* o.O
Mencoba browsing dengan keyword berbahasa Inggris, yang ketemu malah artikel List of Most Expensive Books. Pas liat list-nya, yaiyalaaaaahhh mahal. Wong di list itu ada Codex Leicester yang masih tulisan tangan asli Leonardo da Vinci dan Magna Carta original exemplar.

Hadeuh.....butiran debu digital kayak saya ini mana nempil sih berurusan dengan buku sakti semacam itu
Trus gimana dong? Masa' sih koleksi saya dikategorikan bukan aset? *gak ikhlas* Hingga suatu hari, saya iseng liat-liat akun facebook para penjual buku dan perhatian saya terantuk pada penjual komik seken nan langka.

Ah ya benar sekali!
Komik terbitan jadul yang sekarang sulit dicari bisa dikategorikan aset juga. Soalnya banyak banget peminat komik lawas ini. Contohnya komik Yokohama yang ketika terbit dulu seharga Rp 3000,-/buku, sekarang harganya Rp 450.000,-/set (7 buku). Padahal, seandainya dibeli dengan harga komik baru saat ini pun, 7 buku itu gak nyampe 300rb mestinya.

Satu lagi komik langka berharga mahal itu Time Limit. Komik yang legendaris saking lucunya ini sekarang dibanderol Rp 290.000/set. Murah? Ehm...gak juga sih. Soalnya harga segitu biasanya bukunya udah gak terlalu mulus lagi.

Tapi harga kedua komik lawas itu masih kalah epik dengan komik Pank Ponk yang sangat melegenda itu.

sumber
Bayangkan......satu set komik Pank Ponk dengan kondisi seperti di atas (cover bukunya gak lengkap), dijual seharga Rp 1.200.000,-.
Iyaaa.....kamu gak salah baca kok. Harganya beneran 1,2 juta.
Saya ulang lagi ya biar dramatis (halah!) : SATU KOMA DUA JUTA! ヘ(゜◇、゜)ノ *nebok celengan semar* *isinya duit jigo-an semua*. Padahal siapa pun pemilik pertama komik ini, dia belinya seharga Rp 3000/buku. Naik sekali ya harganya.

Komik lain yang juga dianggap berharga itu : Si Cerdik Michael (dihargai Rp100.000/buku), The Duck of Mr. Fredward (sekitar 400rb/set), dan City Hunter (600rb/set, kondisi gak mulus).
Dan saya teringat satu set ensiklopedi lawas yang dulu pernah saya bahas di sini. Ensiklopedi itu kalo dijual sekarang harganya bisa 3x lipat harga belinya dulu. o.O

Jadi buat kalian yang dulu koleksi komik, coba dibongkar lagi koleksinya. Dilihat, adakah komik-komik langka ini di antaranya? Kalo ada, buruan diselamatkan. Jangan sampe kena banjir ato dimakan rayap (musuh kutu buku nih).

Gimana dengan saya?
Well....saya punya sih beberapa komik langka di atas. Sayangnya, saya justru gak punya Pank Ponk ( ._.)/|suram|. Ada yang mo kasi gak ya? Apa untuk Secret Santa tahun 2014 ini saya bikin wishlist-nya komik Pank Ponk aja? #woooyyy
Tapi saya tetap masih gemes nih. Masa' iya sih gak ada novel yang bisa masuk kategori "aset"? (dan definisi novel di sini adalah novel yang pernah diterbitkan secara massal, bukannya buku yang cuma ada satu di dunia semisal naskah tulisan tangan asli Leonardo Da Vinci itu). Ada yang tahu novel apa aja yang masuk kategori "aset"?


(PS : Oya...kalo ada yang terinspirasi menjadikan komik sebagai aset, saran saya nih : jangan terlalu tahan harga ya. Buruan dijual sebelum Elex ato penerbit lain cetak ulang komiknya. Kejadian di komik Sailor Moon dan Miss Modern yang dulu harganya meroket, sekarang terjerembab dengan sukses gegara dicetak ulang. Yang punya Pank Ponk, boleh lho dijual ke saya seharga 3ribu.buku #laaahh)

13 comments :

  1. Kalo novel biasanya yg first edition first printing, aku pernah buat postingannya di sini http://bacaanbzee.wordpress.com/2012/10/18/first-edition-first-printing/
    Novel lokal yg terbitan jadul & ga ada cetulnya juga sering kok kulihat harganya meroket di os

    ReplyDelete
  2. Haha tahun lalu aku dikasih komik Pank Ponk sama Si Cerdik Michael sama temen yang mau pindahan.. Tapi udah kusumbangin ahahahahaha... Ga bakat kaya. Inves emas aja dah saya..

    ReplyDelete
  3. *melotot liat harga Pank Ponk* jangan-jangan typo kelebihan nol itu :P

    Tapi bener lho mbak, buku ternyata bisa jadi aset. Kejadian pas aku beli buku Agatha Christie yang berjudul Tirai (Curtain) yang cover lama. Beli second harganya Rp 25.000. Waktu beli sih happy happy aja yaa karena ngerasa harganya lebih murah dibanding yang cover baru. Apalagi waktu itu judul Tirai belum ada cover barunya. Eh, pas bukunya nyampe, aku ngikik geli liat di buku second itu masih ada label harga aslinya, yang ternyata cuma Rp 20ribu.

    Hahaha, ternyata buku AC pun masih bisa ngasih return, walaupun cuma Rp 5 ribu perak :P dan ngiri, ternyata jaman dulu tuh harga buku murah bangeeettt yaaa >,<

    ReplyDelete
  4. Buku-buku sejarah dan langka juga bisa investasi kayaknya Mba Dew. Pernah ada yang kirim email nanyain buku yang ada di foto koleksiku padahal yang dijual bukan yang itu. Wkwkwk. Dapetinnya aja susah masa' mau dilepas lagi.

    ReplyDelete
  5. Hm... sepertinya aku salah strategi waktu bikin clearance sale kemarin. Harusnya aku nunggu lebih lama lagi, ketika semua judul itu tidak diterbitkan lagi, like... 20 years later...

    ReplyDelete
  6. Sebenernya Pank Ponk itu isi komiknya gimana sih?
    Harganya kagak nahan bingits -_-

    ReplyDelete
  7. waaah saya punya banyak komik tua ,,, buka timbunan dulu dech apa pank ponk ini ada. yang ingat cuma beberapa serial cantik kek pop corn sm throbing tonight hhehehe
    kali aja bisa kaya xixiixixix

    ReplyDelete
  8. Pank Ponk itu... saya bahkan baru tau ada komik itu. T.T
    komik biasa di toko buku bekas yang dulu harga baru 3000, sekarang dijual 8000-12000. mungkin bagi anak zaman sekarang itu murah dibanding komik baru yang harganya naik terus.

    ReplyDelete
  9. astaganagaaaaa.. *melongo ngeliat harga pank ponk* XD padahal tuh komik perasaan ga lucu2 amat :p afa ya yang mau beli harga segitu? *takjub.com*

    ReplyDelete
  10. pank ponk apaan sih? taunya ping pong =))
    *kekepin koleksi buku di rumah*

    ReplyDelete
  11. Buku-buku klasik yang first edition (apalagi yang belim direvisi dan masih banyak typonya), biasanya harganya bisa ribuan USD.

    Buku termahal yang pernah aku tau itu jurnalnya (apa biografi ya, lupa lagi) Harry S. Truman yang ada tanda tangan aslinya. Ada sekitar 4 atau 5 buku per set (lupa juga persisnya berapa), harganya dibrandrol $16,000.

    ReplyDelete
  12. Menarik. Tapi buku terbitan lama yang isinya berkualitas tapi langka di pasaran juga suka bisa dimahalin Mbak, karena masuknya langka & susah nyarinya. Contohnya karya tokoh2 sejarah Indonesia. Ada toko yang jual buku2 tua yg udh menguning seperti itu (& kondisinya menyedihkan) tapi pas tanya harganya bisa dibiliang mahal utk ukuran buku "tipis dg kondisi jelek" begitu. Mungkin sama tokonya itu udh dikategorikan buku langka, jd pasang harganya mahal2.

    ReplyDelete
  13. aahhh sinting banget lah kalo pank ponk dijual sampe 1,2 jt. yang beli juga ga nahan deh.. padahal bentar lagi juga keluar deh buku cetakan berikutnya dari gramed hehehe

    ReplyDelete