Monday, November 11, 2013

CurhatBuku : Hasta La Vista, Amigos


Ada banyak alasan kenapa saya bersyukur punya orang tua seperti yang saya miliki. Dan satu set buku di atas adalah salah satunya :').

Sewaktu kecil, saya jaraang banget dibeliin mainan atau baju baru. Yang banyak dibeliin ya justru buku. Buku ensikploedi di atas itu juga dibelikan sebagai hadiah  karena menang suatu hal (yang pasti bukan karena memenangkan hatinya David Gandy kok #apasih). Waktu itu sih saya minta hadiah tamiya lengkap dengan treknya (ngelunjak ceritanya). Jadi bayangkan bengongnya saya sewaktu Ayah malah kadoin buku ini. Dan ketika saya tanya kenapa gak beliin tamiya aja, beliau menjawab : "Percaya deh sama Papi. Buku itu jauh lebih bagus dan lebih penting daripada tamiya. Nanti-nanti kamu bakal bersyukur Papi beliin kamu ini daripada tamiya."

And he was soo right! (Tapi kapan juga Ayah pernah salah ya..)

Ada banyak manfaat yang saya rasakan dari buku ini.
Berkat buku ini, berbagai pertanyaan remeh yang bikin saya penasaran (seperti bagaimana cara kerja telpon, kenapa pesawat bisa melayang, kenapa kepiting jalannya menyamping, dan lain-lain) bisa terjawab.

Berkat buku ini juga, saya jadi keliatan pinter di mata teman-teman secara mereka kagum liat saya bikin prakarya prosesi gunung meletus. Mereka gak tahu aja kalo saya nyontek dari buku ini. Yang bener aja orang kayak saya bisa mikirin sendiri hal kayak gitu. Pffttt.... X)

Karena buku ini, saya jadi tahu kalo buku nonfiksi enak juga dibaca. Saya mulai tertarik baca buku sejarah, biografi, bahkan ngintip-baca koleksi ensiklopedi milik Ayah setelah baca buku ini. Padahal sebelumnya sih boro-boro baca buku nonfiksi, baca koran aja saya males, apalagi buku pelajaran. #yaiyalah


Dan karena buku ini, saya jadi tersadar kalo koleksi buku bagus itu berguna buat investasi ya ternyata. 
Rupanya masih ada beberapa toko online yang menjual 1 set buku ini (dengan kondisi bekas) seharga.... 2,1 juta rupiah. Padahal kata Mama, dulu 1 set buku ini dibeli seharga 700an ribu rupiah. Lalu sekarang, bekasnya dijual 3x lipat.

Padahal bukan buku langka juga. PT Tigaraksa EP selaku penerbit sudah mencetak ulang buku ini. Tapi iya sih harga versi cetak ulangnya bikin mingkem. Versi cetul-nya dijual seharga .... yah selevel dengan harga cendol sekolam kayaknya. Mending kalo ada perubahan signifikan antara versi cetul dan versi lama. Ini mah hampir gak ada bedanya. (>.<) Eh...kok saya jadi ngelantur bahas harga bukunya ya? Padahal bukan itu tujuan postingan ini :s

Postingan ini sebenarnya dibuat sebagai ucapan perpisahan kepada buku-buku ini. Besok buku ini akan berpindah tangan ke keponakan saya di Makassar.
Sedih sebenarnya melepas buku yang sudah dirawat selama 23 tahun. Tapi hakikat sebuah buku itu untuk dibaca, sedangkan saya tahu betapa tipisnya kemungkinan saya membaca ulang buku-buku ini. Jadi biar saja mereka menemukan pemilik barunya.

Selamat jalan, teman-teman. Semoga kalian lebih berguna di tangan para pemilik barumu.
And thanks for the memories Smiley

ps : iya...iya....postingan ini boleh dianggap pamer. bebas kok :D

17 comments :

  1. udah cek harga barunya sekarang. ya ampuuun, beneran langsung mingkem. beruntung banget Mbak Dewi dapat hadiah ini waktu kecil :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Lu. Makanya berterima kasih banget sama ortu :')

      Delete
  2. Huhuhu jadi inget semua buku-buku yang dibelikan Aba saya sedari belum bisa membaca T___T Nyesel banget waktu kecil nakal banget suka gemes lihat ilustrasi-ilustrasi di dalamnya dan akhirnya di gunting-gunting u.u

    Sekarang saya kangen dengan buku-buku itu :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh sayang banget ya, Dwee :(.
      Salah satu bukuku juga ada yang digunting sama keponakanku (keponakan yang lain, bukan yg mo dihibahkan ensiklopedi ini). Yang digunting itu ensiklopedi tentang planet, alasannya karena dikasi PR untuk kumpulin gambar planet di sekolah.
      Aku bete karena dia gak mau usaha. Hari gini kan gampang nemu gambar planet di internet.

      Pokoknya ogaaaahhh hibahin buku ke dia #malahcurhat

      Delete
  3. Wah aku juga punya buku-buku ini!! Dulu kan populer banget, sering ada iklannya di TV. Dulu malah aku, mbak, yang minta beliin ke mama. Haha. Aku suka banget baca yang Dinosaurus dan Cobalah Sendiri. Dulu ada 3 buku bonusnya juga yang tipis-tipis tapi gambarnya gak imut jadi males bacanya. Namanya anak kecil yaa..

    Sekarang buku-buku ini udah dihibahkan ke tempat les nyokap, biar bisa dibaca murid-muridnya. Tau deh bentuknya udah kayak apaan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaaa, Na. Aku juga suka yang Cobalah Sendiri.
      Hahaha...aku jugabaru baca 3 buku bonus itu setelah lamaaa. Setelah aku di SMP kayaknya.

      Yah gapapa lah dihibahkan ke tempat les. Seenggaknya lebih berguna

      Delete
  4. Mbak Dewi enak dan beruntung yah, dari orang tua juga suka buku. kadoin buku. Keluarag saya boro2. dulu kalau beli buku2 fiksi pake duit jajan sendiri yg dikumpulin. Soal keluarga saya tipe yg gak suka baca dan gak ngerti apa bagusnya buku. Mama saya aja selalu sebut novel dengan komik. "Lina jgn baca komik melulu, kayak anak kecil aja, bacain komik melulu. Ikut kegiatan apa kek daripada di rumah terus, mama sih ogah biar kata diupahin suruh baca buku." #eaa jadi curhat, sorry Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gapapa kok curhat, Lin :)

      Nah sekarang kamu yang tularin virus membaca di keluargamu dong. Minimal ke para keponakan dan sepupu gitu.
      Di antara anak2 ortuku, yang suka banget baca cuma aku. Makanya aku berusaha supaya keponakanku doyan baca juga. Supaya gen kutu buku di keluargaku gak hilang :))

      Delete
  5. selamat berlabuh di tempat yang baru yaa, mudah2an kalian senang di sana dan kehadiran kalian bermanfaat ;)

    ReplyDelete
  6. Dulu waktu kecil papa saya belikan 1 set ensiklopedia bergambar untuk anak. Sampai SMP masih sering buka-buka buku itu, ada yg sobek dan halamannya lepas saking seringnya dibuka. Ketika udah gede dan nyadar pentingnya koleksi buku, bukunya udah ga ada. Kata Mamaku, Papa ngasih ke sepupu mana gitu, alasannya udah ga dibaca sama anak-anak lagi. #huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh....sayang banget, des. Padahal bisa diwariskan ke anak ya.
      Mudah2an diberi kelapangan rejeki supaya bisa beli ensiklopedia yang lebih keren lagi buat anak :D

      Delete
  7. oh my.... harganya sekarang, bener deh buku bisa jadi investasi. jujur aku baru tahu buku ini, hahaha katrok banget lo, Lis :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoaa....harganya bikin mingkem.
      Hahaha....mungkin kehebohan buku ini gak nyampe ke kotamu dulu, Lis.

      Delete
  8. jadi inget aki-aki ganteng tiada tara yg pas ultah kepingin dibeliin sega eh malah dibeliin buku SBdBR yg harganya selangit. Congrats ya dok, udah bisa ambil manfaat dari buku, semoga bermanfaat di penerusnya :)

    ReplyDelete
  9. Bener2 beruntung deh, Wi, punya ortu yg suka buku. Aku dulu cuma dimanjain dg majalah aja jaman SD. Setelah SMP jamannya suka boyband, berhenti deh langganannya. Jadinya cuma minjem deh. Boro2 Boxset, beli per seri Deni Manusia Ikan aja kudu nabung dari uang jajan yg ngga seberapa :))

    ReplyDelete
  10. Waah, bukunya sudah berumur sekali :O kalo mbak dewi jual bisa lebih dari 2.1juta itu =))
    Tapi,semoga bermanfaat buat pemilik barunya nanti..

    ReplyDelete