Tuesday, May 28, 2013

Manusia - Manusia Paling Misterius di Dunia

Data Buku :
Judul : Manusia - Manusia Paling Misterius di Dunia
Penulis : Eka Nada Shofa Alkhajar
Penerbit : bukuKatta
Cetakan ke-5 tahun 2013
156 halaman : 14,5 x 20,5 cm
ISBN : 978-979-1032-68-1

Jack the Ripper, King Arthur, The Man in The Iron Mask, Nostradamus, Robin Hood dan Uri Geller. Apa persamaan mereka berenam? Bila anda menjawab persamaannya adalah mereka ber-6 punya buku dan film yang menceritakan tentang mereka, anda benar!
Maka kita sudahi saja reviewnya sampai di sini.
Sekian. :)

...................................................
..............................................
........................................
..................................
............................
......................
................
.........
....

#DiuyelBebiKarenaNgereviewnyaSeenakDhewe

Okeh...yuk serius.
Persamaan ke-6 orang/tokoh tersebut adalah mereka didapuk sebagai manusia paling misterius di dunia di buku ini.
Misterius karena keberadaan mereka masih dipertanyakan keberadaannya (King Arthur dan Robin Hood), misterius karena jati diri mereka tak terungkap (Jack The Ripper dan The Man in The Iron Mask) dan misterius karena kebenaran teori/teknik mereka masih dipertanyakan hingga sekarang (Nostradamus dan Uri Geller).

Ketertarikan saya paling besar ke sosok Jack The Ripper. Entah kenapa, dari dulu saya penasaran siapakah Jack ini dan apa motif dia membunuh secara random dan sadis seperti itu (buat yang belum tahu, Jack biasa memburaikan organ tubuh para korbannya #SilakanMual). Banyak yang menduga Jack ini orang gila namun saya gak sependapat. Menurut saya, orang yang bisa membunuh begitu sadis dan penuh perhitungan pastilah orang jenius. Sayang, dunia gak pernah tahu apa tujuan Jack menebarkan teror seperti itu untuk kemudian menghilang tanpa jejak mirip Eddy Tanzil #BongkarUmur.
Tapi setidaknya melalui buku ini, penulis memberikan berbagai alternatif motif Jack dan (yang lebih menarik) siapa-siapa saja orang yang pernah dicurigai sebagai Jack The Ripper.

Tokoh kedua yang gak kalah menarik adalah King Arthur yang keberadaannya misterius namun juga begitu bikin penasaran hingga menjadi inspirasi banyak sekali buku, film hingga film animasi. Yang paling menarik dari bab tentang King Arthur ini adanya sub-bab berjudul "Misteri Raja Arthur Terpecahkan?"
Hoho...apa maksudnya nih? Apakah berarti sudah ada yang bisa meng-crack Arthur code? (istilah apa inii?). Silakan baca sendiri. Sekadar spoiler minor, yang dibahas di subbab ini bukan tentang situs yang diduga sebagai makam Raja Arthur. Kalo cuma situs itu yang dijadikan alasan terungkapnya misteri sih : udah basiiii. Saya pun gak bakal berpayah mengangkatnya di sini.


Last but not the least character that I want to address in this review is Nostradamus. Kemisteriusan dan ramalan Nostradamus selalu mampu memancing rasa penasaran. Well...saya bukan orang yang percaya ramalan sih (termasuk gak percaya horoskop dan peruntungan shio). Tapi saya akui, Nostradamus yang mampu meramal sebuah kejadian ratusan tahun di masa depan mampu menggoyahkan kesinisan saya X)).
Dan setelah membaca buku ini, eng...saya masih tetap meragukan ramalan sih :)). Saya masih ragu apakah Nostradamus beneran bisa meramal, ato manusia jaman sekarang aja yang kejauhan mengartikan isi bukunya. But then, it's nice to know another side of Nostradamus. What kind of side that is? Isshh...baca sendiri dong ah. #eaaaa #ngeselinyaaa

Saya yakin anda pernah mendengar minimal salah satu di antara ke-6 nama tersebut. Mungkin anda pernah membaca tentang salah satu tokoh ini sekilas ato mungkin anda malah sudah mengumpulkan semua data tentang ke-6 tokoh tersebut. Yang mana pun anda, buku ini akan menambah informasi yang (mungkin sudah) anda ketahui karena tiap bab memiliki sumber referensi yang bukan main banyaknya.

Ya saya tahu, ada beberapa orang yang dengan sinisnya bilang "Kalo cuma ngumpulin berbagai fakta doang sih, gw juga bisa bikin buku."
Mungkin yang ngomong gitu memang benar, tapi menyusun suatu artikel/buku yang detail dan runut seperti ini dengan menggabungkan puluhan referensi (rata-rata sekitar 30-40 referensi untuk bab sebanyak 10-15 halaman) bukanlah pekerjaan yang gampang. Beneran susaaahhh, jenderaaalll! (menilik pengalaman pribadi).
Dan karenanya, saya salut atas ketekunan dan usaha keras penulisnya.

Satu lagi yang gak boleh dianggap remeh adalah usaha penulis untuk memberi gambaran mengenai pengaruh 
ke-6 tokoh ini pada pop culture yang membuat mereka pantas digelari manusia paling misterius.

Tapi...apakah benar ke-6 sosok ini adalah manusia-manusia paling misterius di dunia? Itu sih tergantung preferensi ada. Buat saya, Jack the Ripper, King Arthur dan Nostradamus memang termasuk. Tapi...misteri apakah Keanu Reeves beneran alien (gegara dia gak pernah tua) sepertinya lebih menarik dibahas daripada Robin Hood. #Bhahak

Tiga bintang untuk para manusia misterius yang keberadaannya menunjukkan kebenaran peribahasa "dalamnya laut bisa diukur, dalamnya hati siapa tahu" (apa hubungannya sih, wiii?) juga sebagai respek atas kerja keras sang penulis dan penerbit yang membuat buku ini ber-typo minimal.





15 comments :

  1. Huahahahaha... Kok gak bahas si mas Iron sih, mbak Dew? Vlad gak masuk misterius ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Entah kenapa aku kurang kepo sama si Iron :)).
      Iya ya, Vlad mestinya masuk manusia misterius juga

      Delete
  2. Followback blognya ya, Kak :) asysyifaahs-world.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. desain sampul mirip majalah NatGeo yak. Berapaan mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener. Dan referensinya juga banyak dari NatGeo kok. Harganya 30rb, mide

      Delete
    2. Tadinya aku kira buku ini salah satu edisi spesial NatGeo :D

      Delete
    3. di Gramedia ada kan ya kak? .__. saya mau beli klo harganya segitu >_<

      Delete
    4. Ada kok, Mide. Kemarin aku liat ada bukunya d gramed matraman.

      @Desty : Samaa. Aku juga mikir gitu :))

      Delete
  4. aku penasaran banget sama Jack the Ripper >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Aku penasaran motifnya apa membunuh orang sesadis itu

      Delete
  5. jadi ini sejenis kumpulan referensi dan artikel tentang tokoh@ misterius tersebut?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yep, lin. Emang kliatannya gampang sih :))

      Delete
  6. Aku pernah liat On the Spot edisi artis2 yang dicurigai reinkarnasi seseorang di masa lalu, dan akhirnya ngeh IYA YA mas Keanu dari dulu sampe sekarang sama aja tampangnya. Tapi masak sih Keanu immortal kayak Eddie Cullen? :O

    ReplyDelete
  7. Hahaha....kayaknya sih enggak, Mel. Tapi awet mudanya dia itu emang mengherankan. So does awet mudanya kak Seto

    ReplyDelete