Friday, August 23, 2013

Scene On Three (2)


Setiap hari ada senja, tapi tidak setiap senja adalah senja keemasan, dan setiap senja keemasan itu tidaklah selalu sama….
Aku selalu membayangkan ada sebuah Negeri Senja di mana langit selalu merah keemas-emasan dan setiap orang di negeri itu lalu lalang dalam siluet. Dalam bayanganku Negeri Senja itu tak pernah mengalami malam, tak pernah mengalami pagi dan tak pernah mengalami siang.
Senja adalah abadi di Negeri Senja, matahari selalu dalam keadaan merah membara dan siap terbenam tapi tak pernah terbenam, sehingga seluruh dinding gedung, tembok gang, dan kaca-kaca jendela berkilat selalu kemerah-merahan. 

Orang-orang bisa terus-menerus berada di pantai selama-lamanya, dan orang-orang bisa terus-menerus minum kopi sambil memandang langit semburat yang keemas-emasan. Kebahagiaan terus-menerus bertebaran di Negeri Senja seolah-olah tidak akan pernah berubah lagi….
(Seno Gumira Ajidarma - Jazz, Parfum dan Insiden)

Saya penyuka senja. Ada sesuatu yang manis dan melankolis dari senja saat menyadari bahwa satu hari lagi telah terlewati. Dan selalu ada asa untuk esok yang lebih baik tiap kali saya menikmati permainan cahaya merah keemasan di langit itu.

Dari semua kutipan/deskripsi tentang senja yang saya jumpai, khayalan Seno Gumira Ajidarma tentang negeri senja yang paling berkesan bagi saya. Dengan mudah, saya bisa membayangkan negeri dalam imajinasi Seno dan juga berharap semoga negeri seperti itu beneran ada, somewhere out there.


Setelah sempat alpa ikutan Scene On Three, Alhamdulillah kali ini saya bisa ikutan. Buat kamu yang tertarik membagi scene yang berkesan dari buku yang kamu baca, sila ikutan meme di blog Bacaan Bzee. Caranya :
  1. Tuliskan suatu adegan atau deskripsi pemandangan/manusia/situasi/kota dan sebagainya ke dalam suatu post.
  2. Jelaskan mengapa adegan atau deskripsi itu menarik, menurut versi kalian masing-masing.
  3. Jangan lupa cantumkan button Scene on Three di dalam post dengan link menuju blog Bacaan B.Zee.
  4. Masukkan link post kalian ke link tools yang ada di bawah post Bacaan B.Zee, sekalian saling mengunjungi sesama peserta Scene on Three.
  5. Meme ini diadakan setiap tanggal yang mengandung angka tiga, sesuai dengan ketersediaan tanggal di bulan tersebut (tanggal 3, 13, 23, 30, dan 31).

3 comments :

  1. Iya ya, adegan saat senja hari itu mengesankan 'kekuatan magis' yg beda

    ReplyDelete
  2. saya belum pernah membaca karya Seno Gumira. Recomende gak mbak??

    btw saya penasaran dengan nama lengkapnya mbak A.S Dewi karena nama saya bisa disingkat jadi A. Dewi S..he..he.. *gak penting*

    ReplyDelete
  3. saya lebih sukanya sunrise daripada sunset, kecuali dipantai. Hehehe

    ReplyDelete